Berita Warga DKI Mengeluh NIK Terdaftar Atas Nama Fiktif di DPT Pemilu 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Penduduk DKI Jakarta bernama Syaza Luthfani mengeluhkan nomor induk penduduk (VIN) terdaftar atas nama orang lain dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Kesalahan data itu diketahui saat Syaza sedang menunggu undangan memilih pada pemilu 2024.

Berdasarkan pengalaman pemilu pertamanya pada tahun 2019, ia hanya perlu menunggu undangan di rumah tanpa melalui proses yang cukup berbelit-belit.


Namun kini Syaza belum menerima undangan memilih hingga Minggu (11/2) lalu. Ia kemudian mengecek NIK-nya di DPT secara online.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Syaza kaget karena NIK itu bukan atas namanya, melainkan alamat Rachmatun Seirly Miranti di Kota Depok, Jawa Barat.

“Saat itulah akhirnya aku tahu. Aku sudah mencobanya berulang kali. Takutnya aku salah memasukkan NIK. Aku coba lagi dan lagi dan yang keluar adalah (nama orang lain),” kata Syaza kepada CNNIndonesia.comSelasa (13/2).

Syaza geram karena kesalahan data pemilih. Namun, dia bingung harus melaporkan permasalahannya ke mana.

“Lebih marah dan seram, jujur ​​saja. Bingung mau lapor ke mana, karena ternyata saya cek di Google kalau mau lapor seperti ini dan tidak tahu harus kemana,” ujarnya.

Syaza sangat kecewa karena tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu kali ini. Dia menduga ada kebocoran data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Hak pilihnya nggak bisa dan saya marah banget, jujur ​​saja. Rasanya mau marah tapi bingung mau marah ke siapa,” ucapnya.

Pada Pemilu 2024, CNNIndonesia.com juga akan mengeluarkan hasil quick count dengan menggandeng enam lembaga survei yakni Kompas Litbang, Political Research and Consulting, Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Voxpol Research & Consulting. Tengah. . Saksikan hitung cepat Pemilu 2024 di situs Pahami.id pada Rabu 14 Februari mulai pukul 15.00 WIB.

(lna/pta)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);