Berita Upacara 17 Agustus di IKN, Bendera Pusaka Dikirab dari Monas Besok

by


Jakarta, Pahami.id

Pemerintah akan menggelar parade bendera pusaka Merah Putih dan teks asli pernyataan kepada Ibukota Kepulauan (IKN) besok, Sabtu (10/8). Kedua benda tersebut dipindahkan menjelang upacara peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

Pengiriman dilakukan dari Tugu Negara, Jakarta. Akan ada perayaan yang mengiringi pemindahan kedua benda bersejarah tersebut.


Pameran bendera merah putih dan teks proklamasi dilaksanakan mulai dari Monas, Halim hingga IKN, kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono melalui video, Jumat (9/8).

Pemerintah menugaskan empat pensiunan 2023 untuk mengikuti parade tersebut. Kedua benda tersebut akan mereka bawa dari Jakarta ke IKN.

Karnaval akan dimulai pukul 08.00 WIB besok. Merah Putih dan teks proklamasi dibawa menyusuri jalur Monas, Patung Kuda, Bulatan Hotel Indonesia, Simpang Semanggi, lalu menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Dari Halim, kedua benda bersejarah tersebut diterbangkan menuju IKN. Kemudian karnaval dilanjutkan ke Istana Negeri IKN.

Di Istana Negara, ruang bendera pusaka sudah siap, sehingga bendera yang sampai di sana segera ditempatkan di ruang bendera pusaka, termasuk teks proklamasi, kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Heru mengatakan, masyarakat dipersilakan untuk mengikuti karnaval tersebut. Ia sebenarnya berharap masyarakat bisa meramaikan jalur karnaval tersebut.

“Kami di Sekretariat Presiden mengimbau seluruh masyarakat untuk merayakan dan berpartisipasi dalam karnaval tersebut,” ujarnya.

(dhf/fra)