Berita Ultimatum Baru Saudi ke Israel untuk Setop Agresi di Palestina

by


Jakarta, Pahami.id

Arab Saudi kembali dua kata Israel untuk segera menghentikan agresi di Jalur Gaza, Palestina.

Saudi menegaskan keinginan Israel untuk melakukan normalisasi dengan Riyadh tidak akan terwujud jika terus melakukan agresi terhadap Palestina.


Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Putri Reema binti Bandar al-Saud, mengatakan pihaknya tidak akan melanjutkan pembahasan normalisasi jika Israel terus menyerang Gaza.

“Saya pikir hal yang paling penting untuk disadari adalah bahwa Saudi belum membahas masalah normalisasi [dengan Israel] sebagai fokus utama. Saudi menempatkan perdamaian dan kemakmuran sebagai fokus utamanya,” kata Putri Reema pada panel di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

“Pihak Saudi cukup jelas. Jika masih ada kekerasan di lapangan dan pembunuhan terus berlanjut, kita tidak bisa membicarakannya sehari setelah perang,” lanjutnya, seperti dikutip AFPKamis (18/1).

Ini merupakan ultimatum baru Saudi setelah sebelumnya mendesak Israel untuk berkomitmen mendirikan negara Palestina, sebagai bagian dari wacana perdamaian dan bagian dari rencana rekonstruksi Gaza pascaperang.

Rencana ini merupakan hasil kerja keras Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang mengunjungi Timur Tengah pekan lalu untuk membujuk dan melobi negara-negara di kawasan agar membantu membangun kembali Gaza ketika perang berakhir.

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak wacana tersebut. Ia menegaskan negaranya belum siap membuat perjanjian yang memungkinkan terbentuknya negara Palestina.

Arab Saudi dan Israel telah mencapai tahap penting dalam menormalisasi hubungan setelah bertahun-tahun mengalami ketegangan.

Namun karena invasi Israel ke Gaza, Saudi membatalkan rencana perdamaian.

Arab Saudi tidak pernah mengakui Israel dan tidak berpartisipasi dalam Abraham Accords 2020, sebuah perjanjian yang ditengahi AS antara Israel dan beberapa negara mayoritas Arab dan Muslim untuk memulihkan hubungan diplomatik.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);