Berita Tunggu Airport dan Tol Jadi

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, jika fasilitas umum seperti bandara dan jalan tol sudah siap.

“Saya menunggu Bandara sudah selesai, tol sudah selesai, kata Jokowi usai peletakan batu pertama Gedung BRI International Microfinance Center di kawasan IKN, Kamis (29/2).

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dijadwalkan berkantor di IKN mulai Juli 2024.


“Pak Basuki Juni, eh Juli, Juli,” ujarnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Menurut dia, ASN juga akan dimutasi secara bertahap. Dia mengatakan, langkah tersebut disesuaikan dengan kemajuan fasilitas seperti perumahan ASN, gedung sekolah, dan rumah sakit.

“Ini tidak mudah, ini yang sudah kita persiapkan,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian juga memaparkan rencana pembangunan tol dan bandara baru untuk memudahkan akses menuju IKN.

Ia juga optimis dengan besarnya infrastruktur, perjalanan dari berbagai kota seperti Jakarta dan Balikpapan menuju IKN akan lebih singkat.

“Tadi saya sampaikan, mungkin bapak dan ibu yang baru pertama mengikuti IKN merasa sangat jauh. Dari Jakarta sepertinya jauh sekali, dari Balikpapan hampir dua jam,” ujarnya.

Jokowi juga mengklaim jika fasilitas bandara IKN sudah siap maka waktu penerbangan menuju Nusantara dari Balikpapan akan lebih singkat, hanya sekitar 15 menit.

Kalaupun pembangunan tol akses IKN selesai, diperkirakan waktu tempuh menuju IKN dari Balikpapan hanya memakan waktu 45 menit.

Sebenarnya saya minta ke Menteri PUPR 30 menit, tapi ternyata ada putarannya sedikit jadi 45 menit, tapi 45 menit masih oke, kata Jokowi.

(kr/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);