Berita Trump Cemooh Biden Tua, Tantang Lakukan Tes Kognitif

by


Jakarta, Pahami.id

calon presiden Amerika Serikat Donald Trump menantang Presiden petahana Joe Biden untuk menjalani tes kognitif.

Tantangan tersebut ia sampaikan dalam debat pertama calon presiden AS 2024 di studio CNN Atlanta pada Kamis (27/6) malam waktu setempat.

“Saya ingin melihat dia melakukan satu tes kognitif, hanya satu, itu sangat sederhana, seperti menjawab lima pertanyaan. Dia pasti tidak bisa melakukannya,” kata Trump.


Trump menolak tantangan tersebut ketika menjawab pertanyaan moderator tentang berapa usianya jika terpilih sebagai presiden AS.

Menurut Trump, meski kini berusia 78 tahun, namun kondisinya sangat baik, terbukti dari dua tes kognitif yang ia lewati. Bandingkan dengan Biden, yang tidak mengikuti satu pun tes kognitif.

“Saya mengikuti dua tes, tes kognitif. Saya lulus keduanya. Kami mempublikasikannya seperti yang Anda tahu. [Sementara] dia (Biden) tidak menjalani tes apa pun,” kata Trump.

Trump mengatakan, selain tes kognitif, ia juga mengikuti serangkaian tes fisik setiap tahunnya. Kondisi kesehatannya juga diklaim sangat baik.

Lebih dari itu, Trump juga menunjukkan dirinya baru saja meraih dua gelar juara klub.

“Anda harus cukup pintar dan harus mampu memukul bola jauh. Dan saya bisa melakukan itu. [Sementara] dia (Biden) tidak. Dia tidak bisa memukul sekitar 50 yard. “Dia menantang saya untuk bermain golf (tetapi) tidak bisa memukul bola sejauh 50 yard,” kata Trump.

Mendengar hal tersebut, Biden pun balik meledek Trump dengan menyebut tinggi dan berat badan sang mantan presiden. Biden juga menegaskan bahwa dirinya gemar bermain golf dan hanya mampu mempertahankan tiga handicap golf.

“Saya punya tiga handicap, yang turun menjadi enam ketika saya menjadi presiden. Dan omong-omong, saya sudah mengatakannya sebelumnya, saya suka bermain golf. Jika Anda punya tasnya, saya rasa Anda bisa,” Biden dikatakan.

Jawaban Biden pun memicu perdebatan kecil di antara kedua kandidat. Moderator akhirnya turun tangan untuk mengakhiri keributan tersebut.

“Berhentilah bertingkah seperti anak kecil,” kata Trump kepada Biden setelah disela oleh seorang moderator.

“Kaulah yang kecil,” jawab Biden.

Calon presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Joe Biden menggelar debat pertamanya pada Kamis (27/6) sore atau Jumat (28/6) pagi WIB.

Kedua partai di AS, Demokrat dan Republik, belum secara resmi mencalonkan calon presiden. Namun berdasarkan hasil survei, Biden dan Trump memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan lainnya.

Berdasarkan hasil survei tersebut, media asal AS, CNN, menggelar debat calon presiden. Perdebatan ini merupakan peristiwa paling awal dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Debat publik calon presiden AS selalu dimulai pada bulan September atau Oktober. Kegiatannya telah berlangsung sejak pemilihan presiden tahun 1950 antara Richard Nixon dan John F Kennedy.

Debat ini akan berlangsung pada Kamis pukul 21.00 Waktu AS atau Jumat pukul 08.00 WIB. Acara ini berlangsung selama 90 menit.

Debat dipimpin oleh Jake Tapper dan Dana Bash sebagai moderator. Selama debat, staf kampanye tidak boleh berinteraksi dengan kandidat. Perdebatan berlangsung tanpa penonton di studio.

(blq/dna)