Berita Timor Leste Gusur Rumah Warga Demi Perluas Tempat Misa Paus Fransiskus

by


Jakarta, Pahami.id

Timor Timur membongkar rumah warga di Tasitolu dekat ibu kota Dili untuk memperluas tempat misa suci bersama Paus Fransiskus minggu depan

Tasitolu terletak 15 menit berkendara dari Dili. Kawasan ini terdiri dari area terbuka luas di tengah kawasan perkampungan yang akan menjadi lokasi misa suci yang dipimpin oleh Paus Fransiskus.


Sebanyak 95 persen dari total 1,3 juta penduduk Timor Leste beragama Katolik. Ini adalah proporsi populasi Katolik terbesar di negara mana pun, bahkan di luar Vatikan.

Oleh karena itu, kunjungan Paus selama tiga hari pada 9-12 September mendatang akan menjadi peristiwa terbesar dan bersejarah sejak kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia pada tahun 2002.

Diperkirakan 700 ribu orang atau sekitar 53,8 persen penduduk Timor Leste akan menghadiri misa suci yang dipimpin Paus Fransiskus di lapangan Tasitolu.

Sementara itu, dikutip ABC Bersihpejabat pemerintah khawatir bahwa lapangan tersebut tidak memiliki kapasitas yang cukup.

Karena itu, pemerintah mengaku harus menggusur ratusan rumah yang dibangun secara ilegal di kawasan tersebut.

“Saya sangat sedih. Mereka memberi kami pemberitahuan singkat dan sekarang mereka datang dan menghancurkan rumah kami,” kata Ana Bela da Cruz, seorang warga yang rumahnya digusur. ABC Bersih.

Meski kedatangan Paus Fransiskus menjadi momen yang kurang menyenangkan bagi sebagian warga yang harus digusur paksa, namun antusiasme masyarakat Dili menyambut kedatangan Bapa Suci sangat besar.

Baliho “Selamat Datang Paus Fransiskus” ada dimana-mana, kaos Paus dijual di pinggir jalan dan menjadi topik perbincangan kemanapun Anda pergi.

“Saya senang sekali, tinggal menghitung hari,” kata Bendita de Jesus, seorang pedagang pasar di Dili. ABC Bersih.

“Saya sangat senang dia datang,” kata Angelina Pereira Soares, pedagang pasar lainnya.

“Namun, ada baiknya Paus datang mengunjungi Timor. Beliau akan melihat penderitaan dan perjuangan kami dalam kehidupan sehari-hari.”

Bagi masyarakat Tasitolu, hal ini adalah inti permasalahan yang sedang berlangsung.

Ketika Timor-Leste secara resmi memperoleh kemerdekaan pada tahun 2002 setelah puluhan tahun pendudukan brutal Indonesia, wilayah seperti Tasitolu diserahkan kembali kepada rakyat.

Tasitolu telah dinyatakan sebagai taman lindung dan lahan basah.

Belakangan, masyarakat Timor yang miskin pindah ke ibu kota untuk mencari pekerjaan dan menetap di sana – di Australia mereka dikenal sebagai penghuni liar, atau secara lokal disebut masyarakat. gandum hitam.

Mereka membangun komunitas di tepi lahan basah. Anak-anak pergi ke sekolah di dekatnya.

Namun kini, pemerintah ingin wilayah tersebut dihilangkan.

“Mereka harus meninggalkan daerah ini,” kata Sekretaris Perencanaan Kota Timor-Leste, Germano Dias, pada hari pertama penggusuran paksa yang dilakukan pemerintah.

“Itu adalah bagian dari kawasan lindung. Mereka harus kembali ke kampung halamannya.”

Sekitar 185 keluarga telah ditandai untuk digusur dan rumah mereka akan dibongkar.

(rds)