Berita Terdampak Banjir, 10 Desa di Demak Pemilu Susulan 24 Februari

by


Semarang, Pahami.id

Kata Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Pilih tindak lanjut di Kabupaten Demam mereka yang terdampak banjir rencananya akan dilaksanakan pada 24 Februari mendatang.

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan, Panitia Pemilihan (PPK) Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Demak, telah menggelar rapat pleno untuk membahas rencana tindak lanjut pemilu di daerah tersebut.


Rapat paripurna tersebut membahas hasil hari dan tanggal pemungutan suara serta penghitungan perolehan suara tambahan Pemilu 2024 di 10 desa di Kabupaten Karanganyar akibat dilanda banjir pada 14 Februari lalu.

KPU Kabupaten Demak kemudian memutuskan untuk menetapkan Sabtu, 24 Februari 2024 sebagai hari dan tanggal pemungutan dan penghitungan suara tambahan Pilkada 2024 di 10 desa di Kabupaten Karanganyar, kata Handi dikutip Antara, Minggu (18/2). ). .

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Namun untuk tempat pemungutan suara (TPS), kata dia, belum dipastikan apakah akan tetap di TPS, kantor mukim atau tempat lain masing-masing.

Handi mengatakan, pihaknya akan memperhatikan situasi di lapangan terlebih dahulu, sembari menunggu banjir yang merendam 10 desa di Demak benar-benar surut.

Jika banjir belum juga surut, maka akan tetap dilaksanakan pemilu tambahan, namun terpaksa harus memindahkan TPS sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam UU 7/2017, [pemilu susulan] 10 hari setelah tanggal pemungutan suara dan penghitungan suara. “Tidak bisa ditunda, tetap dilaksanakan, dan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan relokasi TPS,” ujarnya.

Sebelumnya, 10 desa di Kabupaten Demak terdampak banjir, yakni Desa Karanganyar, Wonoketingal, Cangkring Rembang, Cangkring, Undaan Kidul, Undaan Lor, Ngemplik Wetan, Wonorejo, Ketanjung, dan Desa Jatirejo.

Di 10 desa tersebut terdapat 27.669 daftar pemilih tetap (DPT) yang tersebar di 114 TPS, dengan rincian 13.888 pemilih laki-laki dan 13.781 pemilih perempuan.

Selain di Demak, ada 26 TPS di 13 kabupaten/kota yang direkomendasikan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) oleh Bawaslu Jawa Tengah karena dugaan pelanggaran teknis dan non teknis.

Sebanyak 13 kabupaten/kota telah melaksanakan PSU pada Minggu ini, sedangkan Pilkada lanjutan Kabupaten Demak baru dilaksanakan pada Sabtu (24/2) karena pertimbangannya masih terdampak banjir.

(tim/dmi)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);