Berita Tarekat Naqsyabandiyah Sumut Mulai Puasa Ramadan 10 Maret

by


Medan, Pahami.id

Kongregasi Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumatera Utara) mulai berpuasa pada hari Minggu 10 Maret 2024. Keputusan ini diambil berdasarkan instruksi Grand Master Tarekat Naqsabandiyah.

“Majelis Tarekat Naqsybandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Insya’Allah mulai puasa tanggal 10 Maret 2024,” kata Wakil Ketua Dewan Fatwa Naqsbandiyah Tarekat Al-Kholidiyah Jalaliyah, Munawar Kholil kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/3).

Menurut Munawar, salat tarawih perdana akan dilaksanakan pada Sabtu (9/3) malam. Sholat Tarawih dipusatkan di Pondok Pesantren Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Selain itu juga dilaksanakan di Pondok Pesantren Naqsabandiyah kawasan Marindal.


“Penetapan awal puasa Ramadhan diperuntukkan bagi Jemaat Tarekat Naqsabandiyah se-Indonesia dan pusatnya di Sumut. Sedangkan Sholat Tarawih dilakukan pada Sabtu sore dan Minggu. Kemudian pada hari Minggu puasa,” jelasnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Pemerintah menentukan dimulainya puasa Ramadhan melalui Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI. Kementerian Agama akan memantau bulan sabit (rukyatul hilal) awal Ramadhan pada 10 Maret 2024.

Penentuan hilal bertepatan dengan 29 Syaban 1445 H dan dilakukan di 134 titik seluruh Indonesia. Hasil pantauan bulan menentukan kapan puasa Ramadhan akan dimulai. Jika mengacu pada Kalender Hijrah yang dikeluarkan Kementerian Agama, diperkirakan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode tersebut rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan Hijriah, meliputi Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Biasanya awal Ramadhan bagi NU memiliki tanggal yang sama dengan yang ditetapkan pemerintah, karena cara pemantauan hilal juga sama.

Di sisi lain, Muhammadiyah menggunakan metode perhitungan nyata dalam menentukan awal puasa Ramadhan 1445 H. Penetapan tersebut tertuang dalam Deklarasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2024.

Dalam maklumat Muhammadiyah tertulis 1 Ramadhan 1445 H atau awal puasa jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. Sedangkan untuk Hari Raya Idul Fitri, Muhammadiyah menetapkan tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 H. Hijriah.

(fnr/tidak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);