Berita Sukses Entaskan Kemiskinanan Pemkab Sumedang Berbuah detikJabar Awards

by


Jakarta, Pahami.id

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang Dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem selama beberapa tahun terakhir, Kota Buludru mendapat penghargaan Penghargaan DetikJabar 2024.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumedang menerima penghargaan program ekonomi terpuji kategori pengentasan kemiskinan ekstrim. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara detikJabar Awards 2024, di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (17/7).

Piala penghargaan kategori pengentasan kemiskinan ekstrim diterima oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten Sumedang yaitu Bambang Rianto selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.


Bambang mewakili Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengucapkan terima kasih kepada detikJabar yang telah memberikan penghargaan kepada Pemkab Sumedang.

Saya mewakili Pemkab Sumedang dan Pj Bupati mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan detikJabar kepada Pemkab Sumedang, kata Bambang.

Bambang mengatakan Pemkab Sumedang memiliki satuan tugas untuk mengatasi masalah kemiskinan ekstrem. Satgas ini dilaksanakan di seluruh OPD hingga tingkat mukim dan desa.

“Kita sudah punya gugus tugas dalam hal ini untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sumedang. Jadi semuanya bergerak dari tingkat atas hingga kelurahan dan desa,” ujarnya.

Menurut Bambang, untuk mengatasi kemiskinan parah di Sumedang, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak lain seperti BazNas Sumedang. Salah satu program yang dicanangkan adalah pemberian Kartu Pengentasan Kemiskinan (TANGKIS).

Upaya kami lainnya adalah dengan program pemberian kartu pengentasan kemiskinan atau Kartu TANGKIS. Kartu TANGKIS ini kami bagikan kepada masyarakat yang kami anggap membutuhkan bantuan, ini kerja sama kami dengan BazNas dan tentunya Forkopimda Sumedang, ujarnya.

Selain pemberian kartu-kartu tersebut, Bambang mengatakan masyarakat miskin kategori usia produktif juga akan dibantu untuk dibagikan agar dapat memperoleh penghasilan tetap. Hal ini sekarang dianggap berhasil.

Sebagai informasi, kartu Tanki ini diberikan kepada 3.083 Kepala Keluarga (KK) yang berjumlah lebih dari 10 ribu penduduk Kabupaten Sumedang. Kartu berbentuk voucher ini telah diisi uang sebesar Rp 75 ribu yang selanjutnya dapat dibelanjakan di toko yang ditentukan.

Anugerah detikJabar 2024 merupakan ajang penganugerahan kepada tokoh, komunitas dan program di Jawa Barat yang penuh inspirasi, inovatif, kreatif dan berprestasi serta berdampak bagi masyarakat Jawa Barat.

Total ada 23 penerima penghargaan yang terbagi dalam 5 kategori penghargaan pada detikJabar Award 2024, yakni Progress Accelerator Award, Commendable Development Innovation Award, Commendable Economic Program Award, Outstanding Community Mobilizer Award, dan Lifetime Service Award. yaitu Penghargaan Adiluhung.

Baca selengkapnya di Di Sini.

(tim/bukan)