Berita Sosok Syafiq Basalamah yang Ditolak GP Ansor di Surabaya

by


Jakarta, Pahami.id

Anggota GP Ansor Dan Banser NU larutkan bacaan yang diisi oleh Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya, Kamis (22/2).

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Asyiqun Nahdli mengatakan pihaknya menolak kajian Syafiq Basalamah karena pembicaranya berindikasi radikalisme.


Syafiq Basalamah sudah lama dikenal sebagai ustaz yang kerap melakukan kajian sunnah. Ia sering berpindah-pindah kota satu ke kota lain di Indonesia.

Pria bernama lengkap Syafiq Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah ini lahir di Jember, Jawa Timur pada tahun 1977.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Tokoh berjanggut lebat ini telah menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Pondok Pesantren Al Irsyad al Islamiyyah Bondowoso. Kemudian melanjutkan program D1 di LIPIA Jakarta dan lulus pada tahun 1998.

Syafiq kemudian menyelesaikan program sarjananya di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin di Universitas Islam Madinah pada tahun 1999. Di universitas yang sama ia juga mendapatkan gelar master dan doktor.

Dosen di Jember

Nama Syafiq Basalamah saat ini masih tercatat sebagai salah satu dosen di Sekolah Tinggi Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i Jember yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Jember.

Beliau mengajar beberapa mata kuliah antara lain metode dakwah, akhlak Islam, kenabian, dan lain-lain.

Selain aktif berdakwah dan mengajar, Syafiq juga menulis sejumlah buku yang sebagian besar bernuansa dakwah.

Dikutip dari situs resmi STDI Imam Syafi’i Jember, Syafiq merilis buku berjudul ‘Seandainya Aku Belum Menikah’, ‘Mimpi Bertemu Rasulullah’, ‘Masuk Surga Bersama Keluarga’ dan ‘Setengah Penuh Setengah Kosong’. ‘.

Buatlah buku

Syafiq Basalamah juga aktif mengunggah ceramahnya di berbagai platform media sosial pribadi mulai dari YouTube hingga Instagram. Jadwal belajar yang ia ikuti kerap diposting di akun media sosialnya.

Ini bukan pertama kalinya Syafiq Basalamah menghadiri ceramah yang ditolak masyarakat. Penolakan Syafiq juga terjadi saat hendak menghadiri Tabligh Akbar di Masjid Jabalul Khoir di Simpang Lima Purwodadi, Jawa Tengah pada Maret 2022 lalu.

Nama Syafiq Basalamah mencuat karena tercatat menjadi salah satu pembicara dalam brosur kajian online jelang Ramadhan yang diadakan Badan Kerohanian Islam atau Bakis PT Pelni pada pertengahan tahun 2021. Selain Syafiq, ada nama lain seperti Firanda Andirja dan Subhan Bawazier .

Selebaran prodi online Ramadhan yang menampilkan nama Syafiq CS kemudian berbuntut panjang. Saat itu, kegiatan tersebut dibatalkan oleh PT Pelindo karena tidak mematuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku di perusahaan.

(rzr/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);