Berita Sikapi Agresi Israel, Presiden Iran Raisi Sampai Sambangi Turki

by
Jakarta, Pahami.id

Presiden Iran Ebrahim Raisi telah berkunjung Turki pada Selasa (28/11) untuk merespons invasi tersebut Israel kepada rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama Raisi ke Turki yang bertemu langsung dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan sendiri muncul sebagai salah satu pemimpin Muslim dunia yang mengecam keras pembantaian warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang dilakukan tentara Israel.


Dia dengan kasar menyebut Israel sebagai “negara teroris” dan menyebut Hamas yang didukung Iran sebagai kelompok pembebasan.

Erdogan juga mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk segera mengadili politisi dan pemimpin Israel atas pembantaian di Gaza.

Namun negara-negara Arab dan mayoritas Muslim di Riyadh gagal mencapai kesepakatan pada konferensi darurat Riyadh mengenai sanksi ekonomi dan diplomatik atas agresi Israel.

Analis Timur Tengah dari Pusat Studi Iran di Istanbul, Hakki Uygur menilai kunjungan Raisi untuk menekan Iran agar segera menerapkan retorikanya dengan memutus kerja sama perdagangan dan energi dari Israel.

“Iran ingin Turki mengakhiri perdagangan langsung dan tidak langsung dengan Israel,” kata Uygur, seperti dikutip dari AFP.

“Sebaliknya, Turki dengan hati-hati ingin memisahkan masalah politik (diplomatik) dari perdagangan,” tambahnya.

Sejauh ini pemerintah Gaza menyatakan hampir 15 ribu orang tewas akibat invasi Israel di Gaza. Sementara itu, pemerintah Israel menyatakan 1.200 warganya tewas akibat serangan Hamas.

Kunjungan Raisi ke Turki pun disebut-sebut menjadi hal yang jarang terjadi karena hubungan kedua negara kerap mengalami pasang surut.

Turki dituding memberikan dukungan kepada kelompok pemberontak yang berusaha menggulingkan pemerintahan Iran dan Suriah sebagai sekutunya.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);