Berita Serangan Drone di Irak Tewaskan Komandan Kataib Hizbullah

by


Bagdad, Pahami.id

Serangan drone terhadap kendaraan di ibu kota IrakBaghdad membunuh tiga orang pada Rabu (7/2) sore.

Dilaporkan AFPSumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan serangan itu menewaskan tiga anggota Kataib Hizbullah, kelompok militan yang bertanggung jawab atas urusan militer di Suriah, termasuk komandan senior mereka Abu Baqir Al-Saadi.

Sementara itu, mengutip Reuters, sebuah sumber menyebutkan tiga orang tewas dan kendaraan yang menjadi sasaran digunakan oleh Pasukan Mobilisasi Populer Irak (PMF), sebuah badan keamanan nasional yang terdiri dari puluhan kelompok bersenjata, banyak di antaranya dekat dengan Iran.


Pejuang dan komandan Kataib Hizbullah adalah bagian dari PMF. Tiga tentara AS tewas pada bulan Januari dalam serangan pesawat tak berawak di dekat perbatasan Yordania-Suriah yang menurut Pentagon memiliki “jejak” Kataib Hizbullah.

Kelompok tersebut kemudian mengumumkan penghentian operasi militer terhadap pasukan AS di wilayah tersebut.

Irak dan Suriah hampir setiap hari mengalami serangan balik antara kelompok bersenjata militan yang didukung Iran dan pasukan AS yang ditempatkan di wilayah tersebut sejak perang Gaza dimulai pada bulan Oktober.

Para pejabat AS tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai serangan hari Rabu itu.

AS menyerang kelompok Irak yang didukung Iran di Irak dan Suriah akhir pekan lalu dalam apa yang disebutnya sebagai awal dari respons AS terhadap terbunuhnya tiga tentara AS dalam serangan pesawat tak berawak.

Pada bulan Januari, serangan pesawat tak berawak AS menewaskan seorang komandan senior milisi di Baghdad tengah, sebuah serangan yang menurut Washington merupakan respons terhadap serangan pesawat tak berawak dan roket terhadap pasukannya.

Pada hari Rabu, pasukan khusus Irak bersiaga tinggi di Bagdad dan unit lain dikerahkan di dalam Zona Hijau, yang menampung misi diplomatik internasional termasuk kedutaan AS, kata sumber keamanan.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);