Berita Selandia Baru Buka Suara KKB Bunuh Pilot Helikopter Malcolm Konning

by


Jakarta, Pahami.id

Selandia Baru angkat bicara setelah kelompok kriminal bersenjata (KKB) diduga menembak mati seorang pilot negara tersebut di Papua.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (MFAT) Selandia Baru kepada CNNIndonesia.com melalui email pada Senin (5/8).


“Kami mengetahui laporan dari Papua. Kedutaan kami di Jakarta sedang mencari informasi lebih lanjut dari pihak berwenang,” kata juru bicara MFAT.

Dia kemudian berkata, “Kami tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut pada saat ini.”

Sebelumnya, Kepala Operasi (Kaops) Satgas Perdamaian Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani, pilot bernama Glen Malcolm, tewas.

Benar adanya penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap Glen Malcolm Conning yang merupakan pilot helikopter Air Services PT Intan Angkasa, ujarnya dalam keterangan resmi.

Faizal juga mengatakan, KKB membakar helikopter IWN MD.500 ER PK di Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, sekitar pukul 10.00 WIB.

Kabupaten Alama merupakan daerah terpencil di Papua.

Helikopter itu membawa dua orang dewasa, seorang bayi dan seorang anak-anak.

Ketua Satgas Humas Perdamaian Cartenz, Kombes Bayu Suseno mengatakan, berdasarkan keterangan saksi D, setelah mendarat seluruh penumpang menghadap KKB.

Bayu mengatakan, anggota KKB yang berada di lokasi menodongkan senjata. Ia pun membawa pilot dan penumpang ke area pembersihan di sekitar lokasi pendaratan.

“Setelah itu KKB langsung membunuh pilotnya. Jenazah pilot dibawa ke helikopter lalu dibakar bersama helikopter,” kata Bayu.

Sedangkan penumpang yang merupakan warga sekitar selamat.

(isa/bac)