Berita Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Anak Buah Egianus Kogoya

by


Jakarta, Pahami.id

Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Perdamaian Cartenz-2024 dilaporkan sebagai DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Rife Kerebea alias Erik alias Trisna Telenggen, di Kabupaten Nduga, Papua Tengah, Sabtu (17/8).

Ketua Operasi Perdamaian Cartenz-2024 Brigjen Faizal Ramadhani membenarkan penangkapan tersebut. Dijelaskannya, Rife Kerebea merupakan anggota KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya dan terlibat berbagai tindak pidana di Kabupaten Yahukimo dan Nduga.


DPO KKB Nduga Rife Kerebea Alias ​​​​Erik Alias ​​​​​​Trisna Telenggen, merupakan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya dan terlibat dalam sejumlah tindak pidana yang terjadi di Kabupaten Yahukimo dan juga Kabupaten Nduga, kata Faizal dalam keterangannya. keterangan tertulis, Sabtu.

Kasatgas Humas Operasi Perdamaian Cartenz-2024, Komandan Bayu Suseno menambahkan, penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan laporan polisi LP/B/47/X/2023/SPKT/POLRES YAHUKIMO/POLDA PAPUA, tertanggal 16 Oktober 2023. , terkait pembunuhan seorang pendulang emas di Kali EI, Kecamatan Seradala, Kabupaten Yahukimo.

Serta Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor: DPO/30/XI/2023/Reskrim, tanggal 08 November 2023.

Penangkapan dilakukan setelah Pasukan Gabungan berhasil mengetahui keberadaan DPO KKB di Kabupaten Nduga. Tim bergerak cepat pada dini hari dan berhasil menangkap Rife Kerebea dan membawanya ke Posko Operasi Perdamaian Cartenz-2024 Polres Nduga untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Bayu menjelaskan, Rife terlibat pembunuhan seorang pendulang emas pada 16 Oktober 2023. Selain itu, ia juga terlibat dalam pencurian senjata api anggota Brimob di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, pada 18 Juni 2022 dan aksi lainnya.

Katanya, Rife Kerebea pernah bergabung dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya dan bermarkas di Desa Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga.

Rife disebut-sebut bertugas memantau pergerakan petugas, membantu distribusi logistik ke markas KKB dan posko pengawasan, serta kerap memberikan nasehat kepada kelompok KKB.

“KKB Nduga Rife Kerebea Alias ​​​​Erick Alias ​​​​Trisna Telenggen juga memiliki peran penting dalam kelompok KKB Kodap III Ndugama yang dipimpin oleh Egianus Kogoya,” kata Bayu.

(yoa/anak-anak)