Berita Rombongan NU dan RAHIM Pernah Temui Kedubes Israel untuk Singapura

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah kader Nahdlatul Ulama (NU) alias Nahdliyin yang merupakan perwakilan organisasi Pusat Kajian Warisan Perdamaian Abraham (RAHIM) mengunjungi Kedutaan Besar Israel untuk Singapura di Singapura pada 6-12 Agustus 2023.

Kunjungan tersebut terungkap melalui siaran pers di situs Rahim.or.id yang dikeluarkan pada 18 Agustus 2023 dengan judul “Delegasi RAHIM ke Singapura 2023”.

Kunjungan ini diselenggarakan oleh RAHIM External Affairs Steering Committee Elisheva Stroos yang mengirimkan 6 delegasi RAHIM ke Singapura. Delegasi dipimpin oleh Leo Agustinus Yuwono.


Salah satu delegasi RAHIM sekaligus Direktur Eksekutif RAHIM yang juga menjabat sebagai Ketua LBM PWNU Jakarta Mukti Ali mengatakan, kunjungan tersebut untuk menjajaki kemungkinan dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel.

“Kita tahu bahwa Singapura adalah negara yang mengakui Yudaisme sebagai salah satu agama resminya dan bahkan telah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Kami ingin mempelajari bagaimana Singapura melakukannya dan langkah apa yang perlu dilakukan Indonesia untuk mewujudkannya,” kata Mukti dalam keterangannya. jumpa pers.

Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memperluas jaringan gerakan lintas agama. Agar kita tidak sendirian di Indonesia, kita perlu menjalin kerja sama dengan banyak jaringan di luar negeri untuk mendorong setiap upaya normalisasi hubungan Islam dan Yahudi di Indonesia, lanjutnya. .

Dalam kunjungan tersebut, delegasi RAHIM bertemu dengan Duta Besar Israel untuk Singapura Eli Vered Hazan dan Wakil Kepala Misi Israel Hila Rose Fridman.

Tak hanya itu, mereka juga bertemu dengan Kepala Rabbi Mordecai Abergel sebagai perwakilan komunitas Yahudi di Singapura.

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Zainuul Maarif yang menjabat sebagai Manajer Riset Dalam Negeri RAHIM, Roland Gunawan yang menjabat sebagai Manajer Komunikasi dan Media RAHIM, dan KH Asnawi Ridwan yang menjabat sebagai Manajer Riset Biblika.

Zainul, Ridwan, dan Roland juga memiliki posisi di LBM PWNU Jakarta.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Direktur Eksekutif RAHIM yang juga Ketua LBM PWNU Jakarta Mukti Ali terkait hal tersebut. Namun hingga saat ini dia belum memberikan tanggapan apa pun.

Sebelumnya, lima orang Nahdliyin menggelar pertemuan dengan Presiden Israel Isaac Herzoog.

Mereka antara lain dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Zainul Maarif, Sekjen PP Pagar Nusa Munawir Aziz, Pengurus PP Fatayat NU Nurul Bahrul Ulum, Wakil Ketua Syukron Makmun PWNU Banten, dan Pengurus PP Fatayat NU Izza Annafisah Dania.

Namun RAHIM mengaku tidak terlibat dalam pertemuan tersebut meski pertemuan tersebut juga dihadiri Zainul Maarif.

Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf meminta maaf kepada masyarakat atas pertemuan kader NU dengan Presiden Israel. Yahya mengatakan mereka pergi ke Israel atas nama pribadi.

(mab/fra)