Berita Roket Space One Jepang Meledak usai Lepas Landas Menuju Orbit

by


Jakarta, Pahami.id

Roket Kairos berbahan bakar padat kecil berpemilik Kamar Satu Jepang meledak sesaat setelah diluncurkan pada Rabu (13/3).

Insiden tersebut terjadi saat roket Space One sedang melakukan pelayaran perdananya ke luar angkasa dan perusahaan tersebut berusaha menjadi yang pertama di Jepang yang meluncurkan satelit ke orbit.


Roket berbahan bakar padat empat tahap sepanjang 18 meter (59 kaki) itu meledak beberapa detik setelah lepas landas tak lama setelah pukul 11:01 waktu setempat.

Dikutip Reuters, ledakan roket memicu kepulan asap dan api besar di dekat landasan peluncuran, terlihat di layar. Media lokal menyiarkan peluncuran tersebut secara langsung di ujung semenanjung Kii di Jepang bagian barat.

Kairos membawa satelit eksperimental pemerintah yang untuk sementara dapat menggantikan satelit intelijen yang saat ini berada di orbit jika dalam mode offline.

Belum ada indikasi langsung mengenai penyebab ledakan, atau apakah ada korban luka.

Space One sedianya berencana diluncurkan pada Sabtu pekan lalu, namun ditunda setelah sebuah kapal memasuki perairan dekat lokasi peluncuran.

Meskipun Jepang bukan pemain utama dalam industri dan teknologi luar angkasa, para pengembang roket di negara tersebut berupaya keras menciptakan roket yang lebih murah untuk memenuhi meningkatnya permintaan peluncuran satelit dari pemerintah Jepang dan pelanggan lain di seluruh dunia.

Space One yang berbasis di Tokyo didirikan pada tahun 2018 oleh konsorsium perusahaan Jepang: Canon Electronics, unit teknik kedirgantaraan IHI, perusahaan konstruksi Shimizu, dan bank milik negara, Bank Pembangunan Jepang.

Dua bank terbesar Jepang, Mitsubishi UFJ dan Mizuho juga memiliki kepentingan minoritas di Space One.

Saham Canon Electronics turun lebih dari 8% setelah peluncuran yang gagal ini.

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);