Berita Ratusan Muslim New York Tarawih Perdana Ramadan di Times Square

by


Jakarta, Pahami.id

Muslim di New York, Amerika Serikat mengadakan doa tarawih jemaah pertama di Times Square, Minggu (10/3) malam waktu setempat. Muslim di AS dimulai Ramadan Hari ini.

Di tengah hiruk pikuk kota New York, salat tarawih dilaksanakan dengan latar belakang layar iklan LED terang benderang yang menjadi ciri khas Times Square.

Salah satu jemaah, Salman al Hanafy mengaku kaget dengan banyaknya warga New York yang mengikuti tarawih perdana ini. Salman merupakan warga negara Mesir yang bekerja sebagai operator forklift di sana.


Dilansir dari AFP, tarawih pertama ini diikuti lebih dari 100 orang meski cuaca cukup dingin dan berangin. Beberapa jamaah membaca Al Quran bersama-sama. Ada juga yang membagikan kitab suci Islam kepada orang yang lewat.

“Banyak orang yang berminat dengan Al-Quran, kita hampir kehabisan Al-Quran Perancis. Ini menjelaskan pentingnya puasa di bulan Ramadhan,” kata Ahmad Yasar yang membagikan Al-Quran.

Bendera Palestina juga dikibarkan pada kesempatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat Gaza yang saat ini berada di bawah pendudukan Israel. Doa juga dipanjatkan untuk warga Gazar.

“Meningkatkan kesadaran dan menunjukkan kepada masyarakat apa yang terjadi di Gaza,” katanya.

Di dekat Yasarnya, peziarah lain mengenakan topi berwarna merah, putih, hijau, dan hitam seperti bendera Palestina. Sementara itu, seorang anak laki-laki berkursi roda listrik mengibarkan spanduk mendukung perjuangan rakyat Gaza.

New York telah menjadi lokasi puluhan protes, sebagian pro-Palestina dan lainnya pro-Israel, sejak serangan 7 Oktober terhadap Israel oleh kelompok militan Hamas yang memicu perang.

Serangan Hamas di Israel selatan telah mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP yang dilakukan oleh pejabat Israel. Kampanye kontra-militer Israel telah menewaskan sedikitnya 31.045 orang di Gaza, mayoritas perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

Saat ini sebagian besar umat Islam mulai berpuasa Ramadhan. Wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Palestina sudah memulai Ramadhan hari ini.

Negara-negara lain, termasuk di Asia Tenggara, baru akan memulai Ramadhan besok. Namun ada juga warga muslim di Indonesia seperti Muhammadiyah yang mulai berpuasa hari ini.

(afp/sur)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);