Berita – Rangkul Presiden Palestina, Jokowi Sampaikan Keprihatinan di KTT OKI

by

Jakarta, Pahami.id

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memeluk Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11).

KTT Luar Biasa OKI digelar menyusul pemboman Israel di Jalur Gaza, Palestina, bulan lalu yang mengakibatkan kematian lebih dari 10.000 orang.

Pelukan ramah Jokowi kepada Abbas terlihat dari foto yang diunggah di akun media sosial Kepala Pemerintahan RI tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pelukan hangat untuk Yang Mulia Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang saya temui di luar KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi hari ini,” tulis Jokowi pada keterangan gambar yang menyertai unggahan foto tersebut.

Kepada Presiden Mahmoud Abbas saya menyampaikan keprihatinan saya yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina,” imbuhnya menceritakan apa yang diutarakan kepada Abbas yang juga dikenal sebagai politisi Fatah di Palestina.

[Gambas:Instagram]

Saat berbicara di KTT tersebut, Jokowi mendesak OKI untuk bisa melakukan hal-hal konkrit ‘agar kekejaman Israel di Gaza segera dihentikan’.

“Kebrutalan ini sudah berlangsung selama sebulan dan dunia seakan tidak berdaya. Lebih dari 7,9 miliar orang di dunia dan 190 pemimpin negara, namun hingga saat ini belum ada yang mampu menghentikan kebrutalan tersebut,” kata Jokowi seperti dikutip dari OKI. Saluran Youtube. , Sabtu.

Oleh karena itu, OKI hari ini bersatu dan berada di garda depan dalam menyelesaikan masalah ini, tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan pada Senin (13/11) dirinya akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Jokowi mengatakan dia juga akan mendesak Biden untuk mendukung Israel menghentikan pemboman di Gaza – terutama sasaran sipil.

AS sendiri dikenal sebagai salah satu ‘sekutu’ permanen dan utama Israel.

(anak-anak)

[Gambas:Video CNN]