Berita Ramai Mudik saat Imlek di China, di mana Kampung Halaman Xi Jinping?

by


Jakarta, Pahami.id

Warga di Cina mempunyai tradisi khusus saat merayakan tahun baru tahun baru Imlek yang tahun ini jatuh pada Sabtu (10/2).

Mereka biasanya pulang ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul bersama keluarga atau biasa disebut pulang.


Pemerintah memperkirakan akan ada 9 miliar perjalanan domestik dalam 40 hari mulai 2 Februari. Tiongkok biasanya menetapkan libur panjang untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu sebesar 4,7 miliar perjalanan domestik akibat pandemi Covid-19.

Di Tengah Mudik Massal, Dimanakah Kampung Halaman Presiden China Xi Jinping?

Xi lahir di Kabupaten Fuping, Provinsi Shaanxi pada tanggal 15 Juni 1953. Sekarang, dia tinggal di Beijing sebagai presiden.

Jarak dari tempat kelahiran Xi ke Beijing sekitar 282 kilometer. Menurut Google, jarak kedua kawasan tersebut dengan mobil sekitar 3 jam 14 menit.

Namun, Xi menghabiskan masa kecilnya di sebuah kawasan perumahan elit di Beijing. Pasalnya, ayahnya, Xi Zhongxun, pernah menduduki posisi strategis di pemerintahan China, demikian dikutip Inggris.

Selama dan setelah Revolusi Kebudayaan pada tahun 1966-1976, Zhongxun tidak disukai oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan pemerintah.

Sekitar tahun 1966, Xi dikirim ke daerah pedesaan di Provinsi Shaanxi.

Kemudian pada tahun 19754, Xi menjadi anggota Partai Komunis Tiongkok dan pada tahun berikutnya mulai belajar di Universitas Tsinghua di Beijing.

Pada tahun 1982 Xi meninggalkan jabatannya dan memilih bekerja sebagai wakil sekretaris PKC di provinsi Hebei. Tiga tahun kemudian, dia pindah ke Provinsi Fujian setelah diangkat menjadi walikota Xiamen dan anggota komite partai.

Karier Xi terus menanjak hingga akhirnya menjadi sekretaris jenderal PKC dan menjadi presiden Tiongkok sejak tahun 2013.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);