Berita Rakernas PAN Bakal Bahas Zulhas Jadi Ketum Lagi Hingga Pilkada 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Partai Amanat Nasional (PANCI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6) pukul 09.00 WIB.

Wakil Jenderal PAN Yandri Susanto mengatakan salah satu agenda PAN adalah membahas terpilihnya Zulkifli Hasan (Zulha) selaku Ketua Umum partai periode berikutnya untuk membahas persiapan Pilkada 2024.


“Itu permintaan seluruh DPW, DPD seluruh Indonesia. Meminta Bang Zul kembali itu permintaan DPW, DPD,” kata Yandri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6).

Yandri mengatakan, pemilihan Zulha secara aklamasi akan digelar di Kongres Nasional PAN. Namun hingga saat ini PAN belum menentukan kapan kongres tersebut akan digelar.

Yandri mengatakan, jadwal kongres baru akan diputuskan dalam rapat kerja yang digelar hari ini.

“Besok [rakernas] di DPP PAN,” ujarnya.

Senada, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan Zulhas akan kembali diangkat menjadi ketua umum pada kongres keenam partai tersebut.

“Alhamdulillah agenda kongres kita sudah disepakati, agenda kongres bersatu adalah mengangkat Pak Zulkifli Hasan sebagai ketua umum kita periode selanjutnya,” kata Eddy di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (27/6). ).

Sementara itu, dalam Rakornas PAN, Kamis (9/5) lalu, DPW PAN se-Indonesia dan organisasi sayap partai membacakan pernyataan yang meminta Zulhas kembali menetapkan jabatan ketua umum periode 2025-2030.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari bersama seluruh Ketua DPW se-Indonesia.

Desy berharap di bawah kepemimpinan Zulhas, PAN terus menjaga nilai-nilai partai sebagai partai nasionalis religius yang menjunjung tinggi nilai pluralisme.

Ia optimistis PAN akan semakin besar dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Jika mengacu pada periode lima tahun, PAN dijadwalkan kembali menggelar kongres pada tahun 2025 untuk menentukan ketua umum periode 2025-2030.

Terakhir kali PAN menggelar kongres adalah pada tahun 2020 yang menjadi momentum penunjukan Zulhas sebagai ketua umum. Ia menyisihkan dua calon lainnya, Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo.

(khr/bac)