Berita Biden Akui Performa Debat Anjlok Hadapi Trump, Singgung Usia

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joe Biden mengaku performanya ambruk saat menghadapi Donald Trump dalam debat pertama pemilihan presiden Amerika Serikat 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung Biden dalam pidatonya di North Carolina, Jumat (28/6), atau sehari setelah debat digelar. CNN pada Kamis (27/6) sore.


Dalam sambutannya, Biden mengaku usianya sudah tidak muda lagi sehingga banyak kesulitan yang ia alami. Ia pun tak memungkiri, performanya pada debat terakhir tidak sebaik sebelumnya.

“Aku tahu aku sudah tidak muda lagi. Aku tidak bisa berjalan semudah dulu. Aku tidak lancar berbicara seperti dulu. Aku tidak berdebat seperti dulu. Tapi aku tahu apa yang aku tahu, “ujarnya seperti dikutip dari CNNSabtu (29/6).

“Saya tahu bagaimana mengatakan kebenaran. Saya tahu apa yang benar dan salah dan saya tahu bagaimana bekerja sebagai presiden. Saya tahu bagaimana menyelesaikan sesuatu dan saya tahu apa yang diketahui jutaan orang Amerika, ketika Anda jatuh, Anda bangkit kembali,” dia menambahkan.

Sementara itu, juru bicara kampanye Biden, Setg Schuster, menegaskan Biden tidak akan mundur dari pemilu presiden AS 2024 setelah berdebat dengan Trump.

Salah satu penasihat lainnya mengatakan kepada CNN bahwa tidak ada dasar bagi Biden untuk mengambil opsi tersebut. Selain itu, kata dia, tidak ada dorongan dari pendukung untuk menyetujui Biden mundur setelah debat.

“Tidak ada dasarnya. Tidak ada tanda-tanda pemilih menyetujuinya,” jelasnya.

Sebelumnya, Donald Trump disebut-sebut memenangkan debat pertama Pilpres AS 2024 saat menghadapi Presiden Joe Biden.

Berdasarkan hasil Jajak Pendapat Flash CNNsebanyak 67 persen pengamat debat menilai Trump sukses mengalahkan petahana dalam debat Kamis malam (27/6).

Angka tersebut sejalan dengan hasil jajak pendapat sebelum debat dimulai, di mana 55 persen masyarakat menilai Trump akan mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan Biden.

Kemunculan Biden pada debat pertama saja sudah membuat takut Partai Demokrat. Pasalnya, Biden terlihat tidak fit karena berulang kali terdengar berdeham.

Selain itu, Biden juga tidak fokus ‘menyerang’ Trump secara konkrit. Alih-alih mengeluh soal data dan program, dia justru menyerang Trump secara pribadi atas kasus yang kini melibatkannya.

“Itu adalah penampilan debat Joe Biden yang sangat mengecewakan. Saya rasa tidak ada yang lebih buruk dari ini,” kata mantan direktur komunikasi Gedung Putih Kate Bedingfield.

Donald Trump dan Joe Biden menggelar debat pertamanya pada Kamis (27/6) malam atau Jumat (28/6) pagi WIB.

Kedua partai di AS, Demokrat dan Republik, belum secara resmi mencalonkan calon presiden. Namun berdasarkan hasil survei, Biden dan Trump memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan lainnya.

(membaca)