Berita Raja Norwegia Pulang usai Sakit dan Masuk RS saat Liburan di Malaysia

by


Jakarta, Pahami.id

Raja Norway Harald V bersiap untuk kembali ke negaranya pada Minggu (3/3) setelah sakit dan dirawat di rumah sakit saat berlibur di Malaysia.

Raja tertua yang memerintah di Eropa pada usia 87 tahun itu tertular penyakit tersebut saat melakukan perjalanan ke Pulau Langkawi dan dirawat di rumah sakit sejak Selasa (27/2) lalu.


Istana mengatakan pada Sabtu (2/3) bahwa raja telah dipasangi alat pacu jantung sementara. Menurut dokter pribadinya, alat ini akan membuatnya pulang lebih aman.

Pada Minggu (3/3), pihak istana menyatakan Harald akan segera berangkat ke Bandara Langkawi di Malaysia untuk transportasi medis dan akan menemui ratu.

Setibanya di Norwegia, Yang Mulia akan dirawat di rumah sakit Rikshospitalet, lanjut pernyataan itu, dikutip dari AFPMinggu (3/3).

“Tuanku akan cuti sakit selama dua minggu.”

Pesawat medis yang dioperasikan maskapai Skandinavia, SAS, mendarat di Langkawi pada Jumat (1/3). Namun pihak berwenang belum memastikan apakah pesawat itu ditujukan untuk raja.

Sebelumnya telah diberitahukan oleh pengawas lalu lintas udara Langkawi AFP bahwa pesawat SAS dijadwalkan berangkat hari ini, Minggu (3/3).

Harald membutuhkan tongkat untuk berjalan dan menderita serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Januari, ia terjangkit infeksi saluran pernapasan beberapa hari setelah menepis spekulasi bahwa ia akan turun tahta, mengikuti jejak sepupunya, Ratu Margrethe II, dari Denmark.

Dalam ketidakhadirannya sebagai raja, Putra Mahkota Haakon yang berusia 50 tahun menggantikan ayahnya, yang sedang cuti kerja.

(del/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);