Berita Qatar Sebut Operasi Militer Israel di Gaza Persulit Upaya Mediasi

by

Jakarta, Pahami.id

Qatar menyebutkan operasi militer Israel di Gaza sehingga sulit untuk melakukan mediasi Israel dan Palestina.

Qatar menyatakan penyesalannya yang mendalam atas ‘agresi Israel’ baru-baru ini di Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata.

“Melanjutkan pemboman di Jalur Gaza dalam beberapa jam pertama setelah berakhirnya gencatan senjata mempersulit upaya mediasi dan memperburuk bencana kemanusiaan di Jalur Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri Qatar dalam pernyataannya pada Jumat (1/12), sebagaimana dilaporkan CNN.


Qatar memainkan peran penting dalam negosiasi antara Israel dan Hamas. Dalam pernyataan yang sama, Qatar berjanji akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memulihkan ketenangan.

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan perundingan antara Palestina dan Israel terus berlanjut dengan tujuan kembalinya gencatan senjata.

“[Kami menuntut] gencatan senjata segera dan memastikan aliran konvoi bantuan dan bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan dan tanpa hambatan, dengan cara yang memenuhi kebutuhan nyata masyarakat Jalur Gaza,” tambah mereka dalam pernyataan itu.

Situasi di Gaza kembali memanas tak lama setelah gencatan senjata berakhir. Al Jazeera Diberitakan, jet tempur Israel mulai memenuhi langit Gaza. Kendaraan militer Israel juga melepaskan tembakan di barat laut Gaza.

Sebuah angka toko Berita Palestina melaporkan suara tembakan dan ledakan terdengar di Gaza utara.

Perjanjian gencatan senjata dimulai pada 24 November 2023. Gencatan senjata terus diperpanjang dan berakhir pada Jumat (1/12).

(lainnya/asr)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);