Berita Putin Ucapkan Belasungkawa ke Erdogan atas Aksi Teror Maut di Turki

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia VladimirPutin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas aksi terorisme di markas Industri Dirgantara Turki (TAI) di Ankara, Türkiye pada Rabu (23/10).

Insiden itu terjadi ketika Erdogan bertemu Putin di pertemuan puncak Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan (BRICS) di kota Kazan, Rusia.

Setidaknya empat orang tewas dan 14 lainnya terluka dalam serangan teroris brutal di pabrik pesawat militer Turki.


“Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya mengenai serangan teroris tersebut,” kata Putin kepada Erdogan pada awal pertemuan mereka AFP.

Ketua NATO Mark Rutte juga menawarkan dukungan aliansi kepada negara anggota Turki melalui panggilan telepon dengan Erdogan setelah serangan itu.

“Saya baru saja berbicara dengan (Presiden) Erdogan tentang serangan teroris di Ankara. Pesan saya jelas: NATO mendukung Türkiye,” tulis Rutte di akun X miliknya.

Kota Istanbul di Turki saat ini menjadi tuan rumah pameran dagang besar untuk industri pertahanan dan kedirgantaraan, yang dikunjungi oleh diplomat terkemuka Ukraina minggu ini.

Sektor pertahanan Türkiye, yang terkenal dengan drone Bayraktar, menyumbang sekitar 80 persen pendapatan ekspor negara tersebut.

Kepala Badan Industri Pertahanan Türkiye (SSB) Haluk Gorgun mengatakan kontrak senilai US$10,2 miliar telah ditandatangani tahun lalu.

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, jelas Gorgun, pendapatan ekspor pertahanan mencapai US$3,7 miliar atau meningkat hampir 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan tiga orang yang terluka dalam serangan teror itu berada dalam kondisi kritis dan dua penyerang “seorang wanita dan seorang pria, telah dilumpuhkan”.

Belum ada tuntutan terkait serangan tersebut.

Saat ini, penyelidikan untuk mengidentifikasi identitas penyerang masih berlangsung. Namun, pihak berwenang tidak mengatakan apakah ada penyerang lain secara keseluruhan.

(sfr)