Berita Putin Ngotot Kembangkan Senjata Nuklir Terbesar di Dunia

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya akan mengembangkan senjata triad nukliryang merupakan yang terbesar di dunia untuk menjaga keseimbangan kekuatan globalnya.

Mengutip Reuters, Sabtu (22/6), Putin menyebut persenjataan ini nantinya akan membantu pasukannya dalam menghadapi serangan musuh.

“Kami berencana untuk lebih mengembangkan triad nuklir sebagai jaminan pencegahan strategis dan menjaga keseimbangan kekuatan di dunia,” kata Putin saat berpidato di Kremlin pada sebuah upacara yang dihadiri oleh lulusan akademi militer, polisi, dan intelijen.


Triad nuklir Rusia mengacu pada rudal nuklir yang diluncurkan dari darat, laut, dan udara.

Selain itu, dalam pidatonya, Putin juga menegaskan bahwa pemerintahannya akan segera memasok senjata dan drone terbaru kepada pasukan yang bertempur di Ukraina.

Sebelumnya, berdasarkan data Federasi Ilmuwan Amerika yang dirujuk The Washington Post, Rusia memiliki senjata paling strategis di dunia dengan total 5.889 hulu ledak.

Dari jumlah tersebut, 1.500 sudah tidak dapat digunakan lagi, 2.889 lainnya masih tersimpan, dan hanya 1.588 yang terpakai. Hulu ledak nuklir dapat dipasang pada berbagai rudal.

Dari total hulu ledak tersebut, 1.185 diantaranya dapat dipasang pada rudal balistik antarbenua, 800 pada rudal balistik berbasis kapal selam, dan 580 pada rudal yang dapat diluncurkan dari pesawat pengebom.

Selain itu, belum diketahui secara pasti jumlah senjata taktis Rusia. Federasi Ilmuwan Amerika memperkirakan Negara Beruang Merah memiliki 1.912 senjata taktis.

(tanggal/Agustus)