Berita Putin Bantah Mau Kerahkan Nuklir di Luar Angkasa

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Vladimir Putin menyangkal bahwa Rusia ingin menggunakan senjata nuklir di luar angkasa.

Dalam pernyataannya pada Selasa (20/2), Putin mengatakan Moskow tidak berniat menggunakan senjata nuklir.


“Posisi kami cukup jelas dan transparan bahwa kami selalu dan tetap tegas menentang penyebaran senjata nuklir di luar angkasa,” kata Putin seperti dikutip. Pers Terkait.

“Sebaliknya, kami menghimbau semua orang untuk mematuhi semua perjanjian yang ada di bidang ini,” lanjutnya.

Sementara Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menambahkan, Kremlin saat ini hanya mengembangkan kemampuan luar angkasa seperti Amerika Serikat dan negara lain.

“Kami tidak menggunakan senjata nuklir apa pun di luar angkasa atau elemen terkait untuk digunakan melawan satelit atau menciptakan kondisi di mana satelit tidak dapat berfungsi secara efisien,” kata Shoigu.

Shoigu kemudian mengklaim bahwa Gedung Putih melontarkan tuduhan tersebut untuk memaksa Kongres mendukung bantuan kepada Ukraina dan mendorong Moskow untuk melanjutkan perundingan mengenai pengendalian senjata nuklir yang sebelumnya ditangguhkan oleh Rusia.

Pekan lalu, Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Rusia akan menggunakan senjata anti-satelit di luar angkasa. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan tindakan tersebut melanggar Perjanjian Luar Angkasa.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani oleh lebih dari 130 negara, termasuk Rusia, melarang penggunaan senjata nuklir atau jenis senjata pemusnah massal lainnya di orbit atau penempatan senjata di luar angkasa.

Tidak jelas seberapa jauh Rusia telah memajukan teknologinya. Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa program tersebut tidak melibatkan senjata yang akan digunakan untuk menyerang manusia.

(membaca)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);