Berita Presiden Ramos Horta Beri Selamat dan Undang Prabowo ke Timor Leste

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Timor Timur Jose Ramos Horta mengucapkan selamat kepada calon presiden Indonesia yang kini memimpin pemilu 2024, Prabowo Subianto.

Ramos Horta pun mengundang Prabowo berkunjung ke Timor Leste. Ucapan dan sapaan tersebut disampaikan dalam jumpa pers di Istana Negara, Dili, Senin (19/2).

“Melalui telepon saya mengucapkan selamat dan mengundang presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, untuk mengunjungi Timor Leste,” kata Ramos Horta, dikutip Radio e Televisao de Timor Leste (RTTL) di Youtube.


Dia kemudian berkata, “Dan dia [Prabowo] menyatakan kesediaannya sebelum atau sesudah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8.”

Media lokal Timor LesteHukumanlapor Ramos Horta menelepon Prabowo minggu lalu. Dalam perbincangan tersebut, Prabowo juga mengajak Ramos Horta berkunjung ke Indonesia.

Keduanya, menurut pemberitaan media lokal, sepakat untuk mempererat hubungan Indonesia dan Timor Leste.

Saya yakin presiden terpilih Prabowo Subianto akan terus menjaga hubungan baik dengan Timor Leste seperti yang dilakukan presiden Indonesia sebelumnya, kata Ramos-Horta.

Melalui percakapan telepon tersebut, Prabowo juga menyampaikan salam hangat kepada Perdana Menteri Xanana Gusmao.

Indonesia sebelumnya mengadakan pemilu pada 14 Februari. Berdasarkan penghitungan aktual Komisi Pemilihan Umum (KPU), Prabowo dan pasangannya Gibran Rakabuming meraih 58 persen dari 74 persen suara yang masuk.

Suara Prabowo juga dominan pada pemilu di luar negeri, khususnya di Timor Leste. Di wilayah ini, ia mendapat 62 persen dari 45 persen suara yang masuk.

Indonesia dan Timor Leste mempunyai catatan sejarahnya masing-masing. Pada tahun 1975-1999, pemerintah Indonesia mengerahkan pasukan ke wilayah tersebut dalam apa yang disebut Operasi Seroja.

Pada tahun 1976 hingga 1985, Prabowo bertugas di Komando Sandi Yudha (Kopassandha) Angkatan Darat.

(isa/asa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);