Berita PM Timor Leste Tak Latah Naik Sienta Tumpangan Paus, Pilih Bus Babadok

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Timor Timur Xanana Gusmao tak terlalu cerewet mengendarai Toyota Sienta seperti saat ia berkendara Paus Fransiskus saat menghadiri Misa Kudus bersama Pemimpin Gereja Katolik Dunia dan Kepala Negara Vatikan, di Tasitolu, Selasa (10/9).

Xanana lebih memilih naik bus Babadok atau bus wisata bersama rombongan kabinetnya menuju lokasi Misa Kudus.


Kabar tersebut disampaikan oleh seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang turut menghadiri Misa Kudus di negara tetangga Indonesia.

“Tn CNNIndonesia.comSelasa (10/9).

Bus babadok merupakan bus yang diluncurkan pemerintah Timor Leste untuk memudahkan perjalanan warga Dili, Timor Leste, dan Kupang, NTT, yang ingin melintasi Tanah Air.

Bus ini diresmikan pada Maret 2023 sebagai Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) pertama antara kedua negara.

Ini bukan pertama kalinya Xanana kedapatan bersikap sopan. Sebelumnya, ia juga pernah mengikuti kerja bakti menyapu jalan di ibu kota Dili sebagai bentuk persiapan menyambut Paus Fransiskus di Timor Leste.

Dalam foto yang diunggah AFP, Xanana terlihat mengenakan topi hitam bertali, kaus biru bermotif, dan celana jeans saat membersihkan jalan. Di tangannya ia memegang sapu dengan sapu berwarna merah.

Momen mantan Presiden ketiga Timor Leste itu menyapu jalan pun dibagikan di media sosial. Salah satu warganet mengatakan Xanana telah menyapu jalan selama berjam-jam untuk menyambut Paus.

Paus Fransiskus memimpin Misa Kudus di Tasitolu, Timor Leste, Selasa (10/9).

Misa Kudus ini merupakan bagian dari rangkaian perjalanan kerasulan di Asia-Pasifik selama 12 hari.

Sebelumnya, Paus terlebih dahulu mengunjungi Indonesia, lalu mengunjungi Papua Nugini. Akhir perjalanan kerasulannya akan berakhir di Singapura.

Paus Fransiskus berada di Timor Leste pada tanggal 9-11 September.

(blq/baca)