Berita PM Modi Nasihati Putin soal Ukraina: Perang Tak Selesaikan Masalah

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri India Narendra Modi kata Presiden Rusia Vladimir Putin perang tidak akan menyelesaikan masalah.

Hal itu diungkapkan Modi saat bertemu Putin di Moskow, Selasa (9/7). Modi mengatakan dia senang diskusinya dan Putin terbuka, termasuk mengenai invasi Rusia ke Ukraina.


“Dan saya senang bahwa mengenai Ukraina, kami berdua dapat mengungkapkan pandangan kami secara terbuka dan rinci,” kata Modi seperti dikutip AFP.

“Saya tahu bahwa perang tidak dapat menyelesaikan masalah, solusi perdamaian dan negosiasi tidak dapat berhasil jika dilakukan dengan bom, senjata, dan peluru,” tambah Modi.

Modi juga menekankan “kita perlu menemukan cara menuju perdamaian melalui dialog.”

Pernyataan tersebut disampaikan Modi seolah sedang menasihati Putin yang menyerang Ukraina sejak Februari 2022.

Modi juga tiba di Moskow hanya beberapa jam setelah Rusia mengebom beberapa kota di Ukraina, menewaskan hampir 50 orang dan menghancurkan sebuah rumah sakit anak-anak di ibu kota Kyiv.

“Sebagai seorang teman, saya juga mengatakan bahwa untuk masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang, perdamaian adalah hal yang paling penting,” kata Modi dalam pidatonya dalam bahasa Hindi, sambil duduk di samping Putin.

“Ketika anak-anak yang tidak bersalah terbunuh, orang-orang melihat mereka mati, hati mereka sakit dan rasa sakitnya tak tertahankan.”

Rusia adalah pemasok penting minyak dan senjata India. Sebab minyak dan senjata dijual dengan harga murah dibandingkan produksi Barat.

Selain masalah Ukraina, Modi dan Putin juga membahas beberapa masalah lain termasuk penguatan kerja sama antara Moskow dan New Delhi.

(rds)