Berita PM Malaysia Anwar Ibrahim Ucap Belasungkawa Atas Wafatnya Tanri Abeng

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Menteri Pemberdayaan BUMN di era Orde Baru. Tanri Abeng bin Palehe hari ini, Minggu (23/6).

“Teman saya Dr. H. Tanri Abeng bin Palehe telah meninggal dunia atas rahmat Tuhan,” kata Anwar di X.


Ia kemudian berkata, “Sebagai seorang sahabat, aku harus bersedih hati karena Allah telah mengampuni segala dosanya semasa hidupnya.”

Anwar pun berharap Tanri mendapat kedudukan terbaik di mata Tuhan.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya mengabarkan Tanri meninggal dunia hari ini.

“Innalillahi wainna ilaihi rajin. Turut berduka atas meninggalnya Menteri BUMN pertama, Encik Tanri Abeng. Sosok yang berjasa besar bagi negeri ini,” tulis Erick.

Kabar serupa juga diungkapkan mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf di media sosial. Triawan mengatakan Tanri Abeng meninggal dunia pada pukul 02.39 WIB di RS Medistra, Jakarta.

Tanri Abeng terkenal sebagai pengusaha yang juga menjabat Menteri Negara Pemberdayaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII, atau Menteri BUMN pertama RI.

Ia pertama kali menjabat Menteri BUMN pada 16 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998 atau tepatnya di akhir masa kepemimpinan Soeharto dan Orde Baru.

Ia kemudian kembali menjabat Menteri BUMN pada kabinet Reformasi Pembangunan yang dipimpin BJ Habibie pada 23 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Tanri Abeng lahir pada tanggal 7 Maret 1942 di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Ia kemudian bersekolah di Makassar dan terpilih mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

(nsa/fea)