Berita Pesawat Militer Myanmar Kecelakaan di India

by


Jakarta, Pahami.id

Setidaknya delapan orang terluka setelah pesawat militer Myanmar yang hendak memulangkan tentara yang lolos dan menyelinap di India, Selasa (23/1).

Pejabat militer dan polisi India melaporkan bahwa korban luka termasuk di antara 14 orang yang berada di dalam pesawat tersebut.


“Korban luka telah dilarikan ke rumah sakit,” kata pegawai negeri sipil senior di Mizoram, Nazuk Kumar Agensi Anadolu.

Kecelakaan ini bermula ketika sebuah pesawat yang seharusnya membawa pulang puluhan tentara yang melarikan diri dari konflik di Myanmar tiba-tiba tergelincir dari landasan pacu Bandara Lengpui di negara bagian Mizoram.

Tentara menyeberang ke India minggu lalu untuk mencari perlindungan.

Selama dua bulan terakhir, hampir 700 tentara Myanmar telah menyeberang ke timur laut India setelah kelompok anti-junta menduduki beberapa pos militer dan kota-kota di dekat perbatasan.

Myanmar berada di bawah kekuasaan junta militer sejak Februari 2021. Akibat situasi tersebut, banyak suku di berbagai daerah yang melakukan perlawanan keras untuk menolak kepemimpinan militer.

Setidaknya tiga kelompok etnis bersenjata di bawah Aliansi Persaudaraan telah melawan rezim junta untuk menguasai Myanmar utara sejak Oktober lalu.

Sementara itu, menyusul meningkatnya jumlah orang yang melarikan diri ke India, pihak berwenang India memulangkan mereka setelah tiba di negara tersebut beberapa hari.

Menurut sumber militer India, 276 tentara Myanmar memasuki India pekan lalu setelah pertempuran sengit terjadi di dekat perbatasan. Sebanyak 184 orang di antaranya telah kembali ke Myanmar pada Senin (22/1), menurut laporan Reuters.

(membaca)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);