Berita Perjuangan Berat Jutaan Warga China Mudik Imlek Menembus Badai Salju

by


Jakarta, Pahami.id

Jutaanorang Cina merayakan Imlek dengan mudik atau pulang kampung di tengah badai salju dan hujan yang melanda beberapa wilayah di Negeri Tirai Bambu.

Wilayah tengah, timur, dan selatan Tiongkok dilaporkan dilanda salju dan es ketika penduduk bergegas pulang menjelang liburan Festival Musim Semi.

Provinsi Hunan Selatan dan Hubei tengah termasuk di antara daerah yang dilanda cuaca buruk yang mempengaruhi lalu lintas jalan raya dan membatalkan ratusan jadwal kereta api. Beberapa penerbangan pun terpaksa ditunda akibat situasi ini.


Selama beberapa hari terakhir, video di media sosial menunjukkan orang-orang terdampar di kereta dan terjebak di dalam mobil di tengah jalan raya yang bersalju.

Rilis media Yicai mengabarkan bahwa seorang pengemudi terdampar selama tiga hari dan penumpang terjebak berjam-jam di dalam kereta menuju Wuhan akibat pemadaman listrik akibat suhu yang sangat dingin.

“Cuaca di Wuhan bisa membuat Anda gila. Anda harus berjalan 20 ribu langkah setiap hari untuk bekerja dan kemudian pulang tanpa listrik karena lumpuh,” kata salah satu pengguna platform media sosial. weiboseperti yang dikutip Reuters.

Media lokal Tiongkok juga melaporkan ratusan kereta tertunda atau ditangguhkan dan banyak penumpang terdampar di stasiun kereta di Wuhan.

Menurut laporan media CCTVlandasan pacu Bandara Tianhe di Wuhan juga ditutup sementara pada Selasa (6/2).

Gambar dari Administrasi Meteorologi Tiongkok menunjukkan pohon tumbang berserakan di jalan di Hunan akibat salju. Di 10 provinsi, sekitar 129 ruas jalan raya juga dilaporkan ditutup.

Setidaknya dua orang tewas dalam kecelakaan terkait salju. Satu di Hubei dan satu lagi dari Hunan.

Menurut National Emergency Broadcasting Tiongkok, cuaca buruk di Tiongkok diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari lagi. Beberapa kota telah mulai meningkatkan peringatan cuaca dan rencana tanggap darurat untuk mengantisipasi hal ini.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);