Berita Penjelasan KPU soal Diagram Perolehan Suara Hilang di Sirekap

by


Jakarta, Pahami.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan penyebab hilangnya angka perolehan suara Pilpres tahun 2018 hitungan sebenarnya Shirekap di dalam https://pemilu2024.kpu.go.id.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan saat ini KPU hanya akan menampilkan bukti sah perolehan suara. Oleh karena itu, Sirekap hanya menampilkan foto hasil model C Plano.

“Sekarang kebijakan KPU hanya menampilkan bukti otentik perolehan suara,” kata Idham CNNIndonesia.comSelasa (5/3).


Apalagi, kata Idham, fungsi utama Sirekap kepada publik adalah publikasi foto model plano berbentuk C. Dengan kemunculan barunya ini, KPU berharap model Plano berbentuk C milik Sirekap mulai mendapat perhatian.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Memberikan informasi yang akurat karena selama ini gambar form Model C Result jarang dilihat oleh pengguna Sirekap,” ujarnya.

Idham menjelaskan, foto formulir model hasil C. Plano merupakan bukti otentik yang ditulis KPPS di TPS dengan disaksikan oleh saksi peserta pemilu dan diawasi oleh Pengawas TPS serta diawasi oleh pemantau terdaftar.

Kemudian, hasil Formulir Model Plano C di setiap TPS dibacakan oleh PPK untuk merangkum perolehan suara peserta pemilu dan dituangkan dalam Lampiran Hasil Model Formulir D.

“Ketika hasil pembacaan teknologi Sirekap kurang akurat dan belum akurat pengunggah (KPPS) dan KPU Kabupaten/Kota Sirekap akan menjadi polemik di ruang publik yang menimbulkan prasangka,” ujarnya.

Berdasarkan pemantauan CNNIndonesia.com Sejak pukul 20.50 WIB, grafik perolehan suara Pilpres yang biasa ditampilkan di situs Sirekap menghilang. serta dengan bagan hasil pemilu legislatif DPR, DPRD, dan DPD.

(Yala/Senin)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);