Berita Pemerintah Klaim Persiapan Upacara HUT RI di IKN Sudah 90 Persen

by


Jakarta, Pahami.id

Pemerintah menuntut persiapan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah lebih dari 90 persen.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Info Kominfo) Usman Kansong yakin pada 17 Agustus 2024 semuanya sudah siap.


“Saat saya berkunjung ke sana, bisa dikatakan sudah siap lebih dari 90 persen. Tinggal dirapikan saja, jadi tanggal 17 Agustus sudah siap,” kata Usman yang mengunjungi IKN dua hari lalu dalam Polemik MNC Trijaya. , Sabtu (10/8).

Usman mengatakan, pembangunan IKN dihentikan sementara mulai hari ini. Pemerintah sedang fokus mempersiapkan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia mengatakan, pemerintah masih menunggu konfirmasi kehadiran tamu undangan seperti presiden dan duta besar sebelumnya. Dia tidak menyebutkan presiden mana yang pasti akan hadir.

Namun, Usman menjelaskan, para duta besar tersebut rencananya akan meninggalkan Jakarta menuju IKN usai rapat MPR/DPR/DPD yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Agustus mendatang. Para tamu akan bermalam di Balikpapan dan menggunakan transportasi bus (bepergian) menuju IKN.

Usman mengatakan, perjalanan dari Balikpapan menuju IKN bisa memakan waktu sekitar satu jam melalui tol.

Tamu undangan tidak semua menginap di IKN, tapi lebih banyak di Balikpapan. Nanti dari Balikpapan akan naik shuttle ke IKN, ujarnya.

Tahun ini, upacara peringatan HUT RI digelar di dua tempat, yakni di IKN dan Istana Merdeka, Jakarta. Upacara militer diadakan di IKN, sedangkan perayaan umum diadakan di Istana Merdeka.

Upacara di IKN akan dihadiri oleh Jokowi dan calon presiden Prabowo Subianto. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menggelar upacara di Jakarta.

(fbi/tsa)