Berita Paus Fransiskus Tiba di Soetta, Siap Lanjut Tur ke Papua Nugini

by


Jakarta, Pahami.id

Pemimpin Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Tahta Suci, Vatikan, Paus Fransiskustiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pukul 10.02 WIB Jumat (6/9).

Paus akan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Port Moresby, Papua Nugini.


Keberangkatan Paus didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Piero Pioppo, dan Dewan Pertimbangan Presiden RI Gandi Sulistiyanto.

Selain itu, Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Katolik Indonesia Antonius Subianto Bunyamin, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan juga menyambut baik kepergian Paus.

Paus terbang ke Papua Nugini dengan pesawat komersil Garuda A330 dan diperkirakan tiba di sana sekitar pukul 18.50 waktu setempat.

Pemimpin agama Katolik akan berada di Papua Nugini pada tanggal 6-9 September.

Di Papua Nugini, ia akan bertemu dengan tokoh lintas agama, Perdana Menteri Papua Nugini James Marape, dan menghadiri misa suci di Stadion Sir John Guise Port Moresby.

Sebelum berangkat ke Papua Nugini, Paus berada di Indonesia pada 3-6 September 2024.

Di Indonesia, Paus bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pejabat pemerintah, tokoh masyarakat dan lintas agama, mahasiswa serta menghadiri misa di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis.

Misa tersebut disebut dihadiri 80.000 umat Katolik dari Sabang hingga Merauke.

Dalam Misa tersebut, Paus juga menyampaikan pesan perdamaian dan menyampaikan semangat pantang menyerah.

(isa/dna)