Berita Negara-negara yang Tak Ada Laut Tapi Punya Angkatan Laut, Apa Saja?

by

Jakarta, Pahami.id

Meskipun negara-negara di dunia memiliki angkatan laut untuk menangani pertahanan nasionalnya di perairan, beberapa negara tidak memiliki laut namun tetap memiliki angkatan laut.

Laporan dari Melihat Angkatan Laut, setidaknya ada lima negara yang terkurung daratan yang memiliki angkatan laut. Mereka Azerbaijan, BoliviaKazakstan, Paraguay, dan Turkmenistan.


Kelima negara ini memiliki kekuatan angkatan laut yang berjumlah ribuan. Salah satu alasan mereka memiliki angkatan laut meski tidak memiliki laut adalah karena sejarah pertempuran sungai di masa lalu.

Pertempuran sungai diketahui terjadi di danau dan sungai yang berbatasan dengan negara-negara tersebut. Namun, negara-negara lain yang tidak mempunyai daratan dan memiliki sungai dan danau penting seperti ini kebanyakan memilih untuk memiliki Angkatan Darat daripada Angkatan Laut.

Mengapa 5 negara ini memiliki angkatan laut?

Ada dua faktor yang menyebabkan Azerbaijan, Bolivia, Kazakhstan, Paraguay, dan Turkmenistan membentuk angkatan laut.

Pertama, sebagian besar negara-negara ini mempunyai komitmen terhadap sungai yang penting bagi kelangsungan hidup mereka.

Misalnya Azerbaijan, Kazakhstan, dan Turkmenistan berbatasan dengan Laut Kaspia. Laut Kaspia merupakan danau garam besar yang tidak terhubung dengan lautan di dunia.

Ukuran Laut Kaspia cukup besar sehingga bisa digunakan untuk menampung kapal-kapal besar. Sebagai catatan, Laut Kaspia juga merupakan perairan yang kaya energi dan merupakan ladang minyak baru yang membuktikan adanya pasokan gas alam di wilayah tersebut.

Faktor kedua adalah, dalam banyak kasus, negara-negara yang terkurung daratan ini mempunyai hubungan kelembagaan dengan angkatan laut yang mampu mengarungi lautan.

Yang paling jelas adalah hubungannya dengan kekuasaan Kaspia. Armada Kaspia dikelola oleh Angkatan Laut Soviet, dan ketika Uni Soviet bubar, negara baru tersebut menerima beberapa unit dari angkatan laut.

Dalam kasus Paraguay, negara ini mempunyai sistem sungai yang luas. Sungai Paraguay dan Parana dapat dinavigasi dengan kapal ke pelabuhan di negara tersebut.

Oleh karena itu, Angkatan Laut Paraguay didirikan pada tahun 1811. Angkatan laut ini merupakan angkatan laut tertua di antara negara-negara yang terkurung daratan.

Angkatan Laut Paraguay bahkan berperang melawan beberapa negara tetangga, termasuk pertempuran sungai terbesar yang pernah terjadi dengan angkatan laut Amerika Selatan.

Dari semua angkatan laut yang terkurung daratan, Angkatan Laut Paraguay sebenarnya yang paling tidak mengejutkan. Karena sejarah kelembagaan mereka dan kebutuhan untuk mengoperasikan kapal berbobot ratusan ton dengan cara yang mirip dengan angkatan laut tradisional.

Bersambung di halaman berikutnya…