Berita NATO Sebut Korut Sudah Kirim Pasukan ke Rusia

by


Jakarta, Pahami.id

Negara-negara Organisasi Perjanjian Atlantik UtaraNATO) menyebutkan hal itu Korea Utara telah mengirim pasukannya ke Rusia.

Juru bicara NATO, Farah Dakhlallah, mengatakan upaya ini akan memperburuk konflik antara Rusia dan Ukraina.


“Aliansi tersebut telah mengkonfirmasi bukti pengerahan tentara DPRK di Rusia. Jika tentara ini ditakdirkan untuk berperang di Ukraina, hal ini akan menandai peningkatan yang signifikan dalam dukungan Korea Utara terhadap perang ilegal Rusia dan menjadi tanda lain dari kerugian besar Rusia di garis depan. garis,” kata Farah dalam keterangannya yang dikeluarkan pada Rabu (23/20) seperti dilansir AFP.

Sebelumnya, Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan menuduh pemerintahan Kim Jong Un mengirimkan 1.500 tentara Korea Utara ke Rusia untuk menjalani pelatihan sebagai persiapan perang di Ukraina.

Pengerahan ribuan tentara dianggap sebagai langkah awal Korea Utara untuk terlibat dalam invasi Moskow ke Ukraina.

Negeri Para Pertapa diduga mengangkut pasukan tempurnya dengan tujuh kapal Rusia pada awal Oktober. NIS mengatakan ketujuh kapal tersebut sebelumnya telah diperiksa secara khusus oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

“Pesawat angkut berukuran besar Rusia juga sering melakukan perjalanan antara Vladivostok dan Pyongyang,” kata NIS dalam keterangan resmi, Jumat (18/10), dilansir CNN.

Pernyataan tersebut menyusul peringatan berulang kali dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa meningkatnya aliansi antara Rusia dan Korea Utara telah menyebabkan pasukan Korea Utara ikut serta dalam perang.

“Dari informasi intelijen yang saya miliki, mereka menyiapkan 10 ribu pasukan, pasukan berbeda, angkatan darat, dan personel teknis,” kata Zelensky pada KTT NATO di Brussels, Belgia, Kamis (17/10).

“Kita tahu sekitar 10 ribu tentara Korea Utara sedang bersiap (mulai) memerangi kita. Ini benar-benar masalah yang mendesak, saya diskusi dengan Amerika Serikat, saya diskusi dengan semua pemimpin,” imbuhnya.

(gas/bac)