Berita Gibran Tunggu Arahan Prabowo Soal Pegang Program Makan Bergizi Gratis

by


Jakarta, Pahami.id

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengaku masih menunggu instruksi Presiden Prabu Subianto terkait dengan tugas program makan bergizi gratis di sekolah.

“Setelah ini kita akan rapat kabinet. Kita tunggu instruksi dari Presiden Prabowo,” kata Gibran usai mengunjungi SMPN 270 Jakarta, Rabu (23/10).


Gibran menuturkan, tugasnya masih sama dengan Ma’ruf Amin pada periode 2019-2024. Saat itu, Ma’ruf menjabat sebagai Wakil Presiden untuk mengentaskan kemiskinan dan membangun di Papua.

Meski demikian, Gibran masih menunggu instruksi dari Prabowk terkait pembagian tugas untuknya nanti.

Kurang lebih masih sama. Tapi sekali lagi kita tunggu instruksi selanjutnya dari Presiden Prabowo, kata Gibran.

Belakangan ini Gibran kerap berkunjung untuk meninjau uji coba makanan bergizi gratis di berbagai daerah. Terbaru, ia melihat sendiri pembagian makanan gratis di sekolah dasar dan menengah.

Sebelumnya, program Makan Bergizi Gratis telah dijanjikan oleh Prabowo dan Gibran sejak kampanye Pilpres 2024. Mereka menilai pemberian pangan gratis diperlukan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Prabowo menargetkan 82,9 juta anak menjadi penerima MBG. Total anggaran yang dibutuhkan per tahun mencapai Rp 400 triliun.

Untuk gelombang pertama, 3 juta anak akan menjadi penerima makanan bergizi gratis pada awal tahun 2025. Jumlah tersebut akan meningkat dua kali lipat pada April 2025. Kemudian meningkat lagi menjadi 15 juta anak pada Juli 2025.

(rzr/fra)