Berita NATO Desak Perpanjangan Gencatan Senjata di Gaza

by
Jakarta, Pahami.id

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan perpanjangan gencatan senjata di Gaza akan mempunyai arti penting bagi manusia.

Sesuai kesepakatan antara Israel dan Hamas, gencatan senjata di Gaza baru berlangsung sejak Jumat (24/11) dan hanya berlangsung empat hari hingga Senin (27/11).

Banyak pihak berharap gencatan senjata di Gaza bisa diperpanjang, termasuk NATO. Stoltenberg mengatakan kepada wartawan di Brussels bahwa gencatan senjata yang lebih lama akan memungkinkan warga Gaza menerima bantuan yang sangat mereka butuhkan.


Selain itu, Stoltenberg juga berpendapat bahwa perpanjangan gencatan senjata akan menyebabkan lebih banyak sandera yang dibebaskan.

Sebuah laporan dari Aljazeera Stoltenberg memperingatkan bahwa Iran harus mengendalikan proksinya, yang mungkin merujuk pada kelompok Hizbullah Lebanon, untuk memperpanjang gencatan senjata.

Sebelumnya, berbagai pihak juga menyatakan antusiasnya untuk memperpanjang gencatan senjata.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dia akan memberikan satu hari gencatan senjata tambahan jika Hamas mau membebaskan 10 sandera tambahan. Demikian pula, kabinet perang Israel mengisyaratkan dukungannya.

Hamas pun mengeluarkan pernyataan terkait perpanjangan gencatan senjata pada Minggu (26/11). Hamas disebut ingin memperpanjang gencatan senjata setelah masa empat hari berakhir melalui upaya serius untuk meningkatkan jumlah orang yang dibebaskan dari penjara sebagaimana diatur dalam perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.

Komunitas internasional juga menyambut baik keinginan untuk memperpanjang gencatan senjata. Qatar sebagai mediator perjanjian gencatan senjata, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dan Uni Eropa berharap akan ada gencatan senjata dalam beberapa hari ke depan.

[Gambas:Video CNN]

(nva/bac)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);