Berita NasDem Pastikan Dukung Hak Angket, Siapkan Syarat Pengajuan

by


Jakarta, Pahami.id

berpesta NasDem mendukung usulan hak investigasi untuk menyelidiki dugaan penipuan Pemilu 2024. Mereka juga sedang mempersiapkan kebutuhan untuk mengajukan hak angket ke parlemen.

“Saat ini pimpinan suku sedang menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan sebagai syarat untuk mengajukan hak penyidikan, termasuk mengumpulkan tanda tangan anggota suku,” kata Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari. CNNIndonesia.com, Rabu (6/3).


Taufik menjelaskan, sikap NasDem secara resmi disampaikan Sekjen Hermawi Taslim bersama Sekjen Partai Politik Gabungan Perawan yakni PKB dan PKS di Menara NasDem beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, kegaduhan yang disampaikan anggota dewan dari Fraksi PDIP, PKB, dan PKS pada rapat paripurna Selasa (5/3) mewakili sikap NasDem. Dia menjelaskan, mekanisme penyampaian hak angket tidak melalui intervensi dalam rapat paripurna.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Bagi kami yang terpenting adalah langkah konkrit,” ujarnya.

Taufik juga menyatakan, pengajuan hak penyidikan tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus melibatkan minimal dua fraksi. Oleh karena itu, kata dia, setiap langkah politik yang diambil harus terukur.

“Jangan sampai kita salah langkah, tidak strategis misalnya atau ada hal yang belum matang lalu kita paksakan,” ujarnya.

Dalam rapat paripurna kemarin, tiga anggota DPR dari Fraksi PDIP, PKB, dan PKS mengusulkan peluncuran hak penyidikan pengusutan dugaan kecurangan pemilu 2024. Dalam interupsinya, Luluk Nur Hamidah dari Fraksi PKB mengaku belum pernah melihat adanya proses pemilu sama brutalnya dengan yang satu ini.

Ia mengatakan, kuesioner tersebut harus dihadirkan untuk memastikan proses pemilu dilaksanakan sepenuhnya berdasarkan kedaulatan rakyat.

Belakangan, Anggota DPR dari Fraksi PKS Aus Hidayat Nur menilai hak angket merupakan instrumen yang bisa digunakan DPR untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Usulan ini juga didukung anggota DPR dari Fraksi PDIP, Aria Bima. Ia berharap pimpinan menyikapi usulan tersebut secara bijak, baik melalui hak angket maupun interpelasi.

(mnf/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);