Berita Militer China dan Rusia Pamer Keakraban, 2 Menhan Saling Video Call

by


Jakarta, Pahami.id

Rusia dan Cina sepakat untuk meningkatkan hubungan militer kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi pada Rabu (31/1), setelah menteri pertahanan masing-masing melakukan komunikasi.

Hampir sebulan setelah Tiongkok menunjuk Dong Jun sebagai Menteri Pertahanan barunya, pejabat tersebut kemudian menjalin komunikasi erat dengan Rusia, termasuk melalui panggilan video dengan rekannya, Sergey Shoigu, yang merupakan Menteri Pertahanan Rusia.

Keduanya sepakat untuk “terus memperluas kerja sama praktis dan mendorong hubungan militer kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi,” demikian bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Tiongkok, seperti dikutip dari Antara. AnatoliaRabu (31/1).


“Militer Tiongkok dan Rusia harus menerapkan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, bertindak tegas terhadap tantangan global, terus meningkatkan rasa saling percaya strategis, dan berkontribusi untuk memperdalam hubungan Tiongkok-Rusia,” kata Dong kepada Shoigu melalui panggilan video. . .

Tahun ini menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Rusia. Kedua negara semakin bersahabat meski mendapat kritik dari Barat.

Ini merupakan komunikasi publik pertama Dong Jun dengan pejabat negara lainnya sejak ia dipilih oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping sebagai menteri pertahanan baru Tiongkok pada Desember 2023.

Dong Jun sendiri merupakan mantan Panglima Angkatan Laut China yang diyakini menggantikan Jenderal Li Shangfu yang baru dicopot pada Oktober 2023.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan Li Shangfu dipecat dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan China. Namun, ada kabar Li mungkin terlibat kasus korupsi.

(Wow)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);