Berita Menlu China ke Markas PBB Bahas Resolusi Israel-Hamas

by
Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri CinaWang Yi, akan mengunjungi New York pada pekan ini untuk mengadakan pertemuan dengan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). PBB).

Kementerian Luar Negeri Beijing, Senin (27/11), menjelaskan pertemuan Wang Yi dengan Dewan Keamanan PBB membahas agresi Israel terhadap Palestina.

“Saat mereka mengambil alih jabatan presiden bergilir Dewan Keamanan PBB bulan ini, Tiongkok akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi mengenai masalah Palestina-Israel pada 29 November,” kata juru bicara Wang Wenbin seperti dikutip. Berita Arab.


Pada pertemuan DK PBB kali ini, Wang Yi akan bertindak sebagai ketua pertemuan.

Pekan lalu, China menyambut baik kesepakatan antara Hamas dan Israel untuk menerapkan gencatan senjata yang dimulai pada Jumat (24/11). Gencatan senjata selama beberapa hari diikuti dengan pembebasan sandera dari Israel dan Hamas.

Gencatan senjata lanjutan dinilai penting untuk segera dilaksanakan mengingat lebih dari 15.000 warga sipil telah tewas, termasuk ribuan anak-anak dan perempuan, sejak kelompok Hamas menyerbu perbatasan pada 7 Oktober.

Dengan perjanjian empat hari yang dimulai pada Jumat, maka gencatan senjata akan berakhir hari ini.

Wang Wenbin berharap pertemuan PBB minggu ini akan mencapai kesepakatan gencatan senjata, mengakhiri perang, dan berkontribusi mengurangi krisis kemanusiaan di Gaza.

Tiongkok bersimpati dengan rakyat Palestina atas sejarah perjuangan kemerdekaan mereka. Tiongkok mendukung kesepakatan solusi dua negara untuk mendamaikan Israel dan Palestina.

Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan ‘konferensi perdamaian internasional’ untuk mengakhiri konflik.

(bpa/nva)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);