Berita Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Bakal Pimpin Pemakaman Hamzah Haz

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Ayo Tjahjanto akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pemakaman Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz.

Presiden Joko Widodo mengatakan proses pemakaman akan berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7).

Upacara pemakaman akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Hadi Tjahjanto) dan dilaksanakan di Bogor, katanya kepada wartawan di rumah duka.


Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz.

“Atas nama pemerintah, atas nama negara dan rakyat, kami menyampaikan belasungkawa,” ujarnya kepada wartawan di rumah duka.

Jokowi mengenang Hamzah sebagai negarawan yang telah mengabdi dengan baik kepada bangsanya.

“Beliau adalah seorang negarawan yang pernah mengabdi kepada negara dan negara baik sebagai Wakil Presiden pada tahun 2001-2004 maupun pada jabatan-jabatan lainnya yang banyak kita ketahui,” ujarnya.

Hamzah Haz merupakan wakil presiden mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat sebagai wakil presiden dari tahun 2001 hingga 2004.

Sebelumnya, Hamzah Haz juga pernah menjabat Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

(tfq/tidak)