Berita Meksiko Kian Mencekam, Wali Kota Ditembak Mati di Jalan Raya

by


Jakarta, Pahami.id

Walikota terpilih dari kota kecil berpenduduk 4.000 orang di dekatnya Acapulco, Meksikotewas ditembak saat melintas di jalan raya pada Senin pagi (17/6).

Dialah Salvador Villalba Flores, politikus yang akan resmi menjadi Wali Kota Copala pada Oktober mendatang, seperti dikutip dari Berita CBC.

Surat kabar lokal El Sur de Guerrero melaporkan bahwa Villalba adalah pensiunan kapten Angkatan Laut yang biasanya dilindungi oleh pengawal Garda Nasional, namun dia sedang bepergian sendirian ke Mexico City ketika dia terbunuh.


“Walikota terpilih terlempar dari bus yang ditumpanginya ketika berhenti di dekat San Pedro las Playas dan ditembak,” lapor El Sur.

Media lokal juga memberitakan bahwa Villalba memutuskan mencalonkan diri sebagai walikota setelah temannya, seorang kandidat, terbunuh pada Juni 2023.

Jaksa negara bagian Guerrero mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi bahwa mereka sedang menyelidiki pembunuhan tersebut, namun menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Lebih dari 20 politisi terbunuh

Dalam pemilihan umum Meksiko pada tanggal 2 Juni, Claudia Sheinbaum dari sayap kiri terpilih dengan suara mayoritas sebagai presiden perempuan pertama di negara itu.

Selain memilih presiden baru, warga Meksiko juga memilih anggota Kongres, gubernur negara bagian, dan beberapa pejabat lokal, dengan total lebih dari 20 ribu posisi.

Sejak musim kampanye Meksiko dimulai September lalu, lebih dari dua lusin kandidat politik telah terbunuh, menurut Data Civica, sebuah organisasi non-pemerintah.

Awal bulan ini, seorang anggota dewan setempat ditembak mati ketika dia meninggalkan rumahnya di Guerrero.

Dipilih dari Berita CBCInsiden ini terjadi beberapa hari setelah walikota sebuah kota di Meksiko barat dan pengawalnya terbunuh di luar gym, hanya beberapa jam setelah Sheinbaum memenangkan kursi kepresidenan.

Acapulco dulunya merupakan tujuan wisata bagi orang-orang kaya dan terkenal, namun dalam satu dekade terakhir pamornya menurun karena turis asing dihantui oleh pertumpahan darah.

Bulan lalu, lima orang tewas dalam serangan bersenjata di Acapulco, hanya tiga hari setelah 10 mayat lainnya ditemukan di kota resor tersebut.

Guerrero sendiri merupakan salah satu negara bagian yang paling terkena dampak kekerasan kartel narkoba karena lokasinya yang berada di sepanjang pantai Pasifik Meksiko. Pada tahun 2023, tercatat 1.890 pembunuhan di sana.

Lebih dari 450.000 orang telah terbunuh dan ribuan lainnya hilang sejak pemerintah Meksiko mengerahkan militer untuk memerangi perdagangan narkoba pada tahun 2006.

(vws/vws)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);