Berita Megawati Bakal Hadir Sidang Tahunan MPR Hari Ini, SBY Absen

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan presiden dan wakil presiden masuk dalam daftar tamu negara pada Sidang Tahunan tersebut MPR 2024 digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (16/8) ini.

Presiden RI ke-5 sekaligus Pemimpin Umum PDIP MegawatiSoekarnoputri dikatakan hadir pada acara tersebut. Sementara itu, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan tak hadir.

Kabar kehadiran Megawati disampaikan Ketua DPP PDIP dan Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah. “Hadirkan,” kata Said melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.comKamis (15/8).


Sementara itu, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, SBY tidak akan menghadiri Sidang Tahunan MPR kali ini. Hasan menjelaskan, SBY berada di Pacitan, Jawa Timur.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu disebut tengah bersiap memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia di tanah kelahirannya.

“Acara Encik SBY ke-17 di Pacitan bersama alumni ke-73 sudah direncanakan sejak lama,” kata Syarief Hasan melalui pesan singkat.

Sidang Tahunan MPR merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Sidang tahunan ini diadakan agar masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai perkembangan pelaksanaan tugas lembaga nasional dalam setahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin akan hadir. Jokowi dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan dan laporan APBN tahun anggaran 2025.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, Sidang Tahunan MPR kali ini dihadiri 2.022 tamu undangan. Mereka terdiri dari perwakilan seluruh petinggi lembaga negara, mantan presiden dan wakil presiden, ketua umum partai politik, serta petinggi ormas.

(thr/tsa)