Berita Media Asing Soroti Pilot Batik Air Tidur 28 Menit saat Penerbangan

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah media asing pun turut menyoroti kejadian yang menimpa pilot dan co-pilot maskapai tersebut batik Air yang tertidur selama 28 menit, saat menerbangkan pesawat dari Kendari menuju Jakarta.

Media dari Singapura, Saluran Berita Asia (CNA), melaporkan kejadian ini dalam artikelnya yang berjudul “Pilot Batik Air tertidur di tengah penerbangan: badan keselamatan udara Indonesia”.

Dalam laporannya, CNA menyoroti isu badan keselamatan udara Indonesia yang menilai perlunya mekanisme untuk memantau waktu dan kualitas istirahat bagi pilot dan awak pesawat.


“Salah satu pilot tidak mendapatkan istirahat yang cukup pada malam sebelum penerbangan,” tulis CNA mengutip laporan KNKT.

Insiden tersebut mengakibatkan serangkaian kesalahan navigasi, namun 153 penumpang Airbus A320 dan empat pramugari tidak terluka selama penerbangan.

media Malaysia, surat Melayujuga melaporkan kejadian ini dalam artikel berjudul “Pilot maskapai penerbangan Indonesia tertidur di tengah penerbangan, kata badan keamanan.”

Malaymail menjelaskan kronologi saat kapten meminta izin kepada co-pilot untuk tidur siang, namun co-pilot juga tidak sengaja tertidur saat menerbangkan pesawat.

“Co-pilot memiliki anak kembar berusia satu bulan. Istrinya merawat bayi tersebut dan membantunya di rumah,” tulis Malaymail juga mengutip laporan KNKT.

media India, usia Indiajuga melaporkan kejadian ini dalam artikelnya “Dengan 153 penumpang di dalamnya, pilot Indonesia ‘tertidur’ selama hampir setengah jam”.

Times of India menuliskan pilot dan co-pilot Batik Air tertidur selama hampir setengah jam saat menerbangkan pesawat dari Sulawesi menuju Jakarta pada 25 Januari.

Akibatnya terjadi kesalahan pada navigasi pesawat. Namun, seluruh pesawat dan awak selamat dalam penerbangan tersebut.

Media juga membeberkan kronologi pilot dan co-pilot terbangun dan mendapati mereka telah dihubungi oleh pengatur lalu lintas udara Jakarta. Meski mengambil rute yang tidak tepat, pesawat mendarat dengan selamat.

(Dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);