Berita Malaysia Serempak Gelar Salat Gaib Doakan Bos Hamas Ismail Haniyeh

by


Jakarta, Pahami.id

Sebagian besar masjid berada di sudut jalan Malaysia mengadakan doa gaib untuk para pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyahsiapa yang akan dikuburkan Qatar hari ini, Jumat (2/8).

Sholat jenazah diadakan di masjid-masjid di bawah pengelolaan Departemen Pembangunan Islam Malaysia (Jakim) dan Departemen Agama Islam Wilayah Federal (Jawi).


Dikutip BintangSholat jenazah juga digelar di beberapa negara bagian sebagai tanda solidaritas umat Islam Malaysia terhadap perjuangan rakyat Palestina melawan penindasan rezim Zionis Israel selama lebih dari 70 tahun.

Perdana Menteri Anwar Ibrahim juga melaksanakan salat jenazah bersama di Masjid Nasional Malaysia di Kuala Lumpur usai menunaikan salat Jumat.

Ribuan orang juga mengadakan salat jenazah di masjid-masjid di Selangor, Perak dan Penang.

“Atas nama pemerintah negara bagian, saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Haniyeh dan masyarakat Palestina atas kehilangan ini. Sholat jenazah malam ini merupakan tanda solidaritas atas kejadian ini,” kata Wakil Ketua Menteri I Penang seperti dikutip media lokal Malaysia. Bintang.

Ismail Haniyeh meninggal di Iran Rabu dini hari (31/7) setelah serangan meledakkan kediamannya di Teheran.

Haniyeh menjabat sebagai kepala biro politik Hamas sejak 2017 dan dikenal dekat dengan beberapa negara termasuk Malaysia.

PM Anwar juga beberapa kali bertemu Haniyeh dan Hamas juga memiliki kantor perwakilan di Malaysia.

Haniyeh berada di Iran untuk menghadiri pelantikan Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian pada Selasa (30/7). Ia juga bertemu dengan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Haniyeh tinggal di pengasingan dan berpindah antara Turki dan Qatar. Dia bergabung dengan Hamas pada tahun 1987, selama Intifada Pertama.

Selama invasi Israel ke Palestina, keluarga Haniyeh juga menjadi sasaran. April lalu, tiga anak dan empat cucu Haniyeh dibunuh Israel.

(rds)