Berita Long Weekend, Ganjil-Genap Diberlakukan di Puncak Bogor Mulai Hari Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Satuan Lalu Lintas Polisi bogor menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Bogor, saat long weekend alias akhir pekan yang panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Rekayasa lalu lintas ini akan diterapkan mulai Jumat (13/9) ini.

“Kami melakukan rekayasa salah satunya ganjil genap pada Jumat sore hingga Senin karena ada tanggal merah,” kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama kepada wartawan.


Selain ganjil genap, kata Rizky, polisi juga menyiapkan skema sistem satu arah. Penerapan satu arah ini bersifat situasional dengan melihat volume arus kendaraan.

“Rekayasa satu arah akan terus kami terapkan sesuai indikasi yang kami miliki, apakah perlu naik satu arah atau sebaliknya ke Jakarta,” ujarnya.

Rizky pun memperkirakan peningkatan arus kendaraan menuju Puncak, Bogor, mulai terjadi pada Sabtu (14/9). Kepadatan puncak diperkirakan terjadi pada Senin (16/9).

“Kalau perkiraan kenaikannya di hari Sabtu, kendaraan mulai banyak yang mendaki ke puncak. Mungkin puncaknya di hari Senin,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada pengendara atau wisatawan yang menuju Puncak untuk selalu menaati aturan jalan yang berlaku. Warga juga diingatkan untuk memeriksa kondisi fisik kendaraannya.

“Terus hati-hati, periksa kondisi fisik dan kondisi kendaraan, baik roda dua maupun empat. Kemudian patuhi peraturan lalu lintas, baik perlengkapan administrasi maupun kendaraan,” kata Rizky.

(des/tsa)