Berita Kurator Belanda Temukan Pedang Pangeran Diponegoro di Istana Het Loo

by

Jakarta, Pahami.id

Pedang yang digunakan Pangeran Diponegoro untuk melawan penjajah Belanda kabarnya ditemukan di Negeri Kincir Angin baru-baru ini.

Kurator Museum Bronbeek, Klein Nagelvoort mengaku menemukan pedang Pangeran Diponegoro yang tampaknya berada di Kastil Het Loo, Apeldoorn.


Menurut laporan media lokal NRCpedang itu sekarang disimpan di lemari besi bawah tanah di Museum Bronbeek.

Belanda memang menyimpan beberapa koleksi sejarah milik Indonesia, khususnya pada masa penjajahan. Tahun lalu, pemerintah Indonesia mengirimkan permintaan resmi ke Belanda untuk mengembalikan sejumlah koleksi seni sejarah, termasuk pelana Pangeran Diponegoro.

Namun menurut media tersebut, pemerintah Indonesia tidak memasukkan pedang Pangeran Diponegoro ke dalam daftar barang bersejarah yang diminta dikembalikan.

“(Alasannya) sederhana, karena mereka (pemerintah Indonesia) tidak mengetahuinya (pedang) itu ada,” kata Nagelvoort seperti dikutip. NRC.

Nagelvoort meyakinkan bahwa pedang tersebut berasal dari Indonesia meski ada beberapa sentuhan gaya Belanda.

“Efeknya ini proses penempaannya. Bisa dilihat dari bentuknya ini bukan bilah pedang Eropa. Bentuknya melengkung seperti beberapa senjata Jawa lain yang kita punya di sini. Ini senjata tempur yang benar-benar dipakai, bukan pedang seremonial. ,’ jelas Nagelvoort.

“Ini gagang pedang angkatan laut Belanda. Dan sarungnya juga buatan Belanda. Dibuat khusus untuk pedang ini. Jadi kita sedang mencari senjata yang dibuat khusus: setengah Jawa, setengah Belanda.”

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);