Berita Kronologi Tentara Ukraina Invasi Rusia, Bikin Kremlin Ketar-ketir

by


Jakarta, Pahami.id

tentara tentara Ukraina menembus wilayah barat Rusia membuat Kremlin (istana kepresidenan Rusia) ketar-ketir, dalam serangan terbesarnya sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Ratusan tentara Kyiv yang dilengkapi kendaraan lapis baja, artileri, dan drone dilaporkan menyapu wilayah Kursk, Rusia, pada Selasa (6/8).


Laporan dari Al JazeeraPasukan Ukraina bertempur melintasi perbatasan dan mendekati Sudzha, sebuah kota berpenduduk 5.000 jiwa yang di alun-alunnya terdapat patung pendiri Uni Soviet Vladimir Lenin.

Panglima militer Ukraina, Oleksandr Syrskyii, mengatakan Kyiv telah merebut sekitar 1.000 kilometer persegi Kursk dalam serangan tersebut.

Klaim Syrskyii dilaporkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui Telegram. Ini adalah pertama kalinya Zelensky mengonfirmasi bahwa pasukan militernya beroperasi di Kursk.

Dalam pernyataannya, Zelensky menegaskan perang saat ini kembali terjadi di Rusia setelah Moskow melakukan perlawanan ke negara lain.

Serangan Ukraina ini disebut-sebut mengejutkan Rusia. Tak lama setelah ‘invasi’ Ukraina ini, Moskow segera mengerahkan pasukannya ke Kursk.

“Kendaraan berat tersebut telah dimasukkan ke dalam trailer untuk segera dikirim ke daerah di mana formasi Angkatan Bersenjata Ukraina sedang diblokir. Pengerahan ini juga dilakukan untuk menjamin keamanan permukaan jalan,” demikian laporan militer, seperti dikutip oleh Al Jazeera.

Rusia pun memerintahkan warga di wilayah tersebut untuk mengungsi pada Senin (12/8). Perintah tersebut dikeluarkan seiring dengan upaya Kremlin membendung serangan dari Ukraina.

Meski Ukraina gempar, Rusia kini dilaporkan telah menstabilkan lini depannya di wilayah Kursk pada Minggu (11/8).

(blq/dna)